Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kelompok Wanita Tani (KWT) "Bunga Sekuntum" Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan dinobatkan menjadi juara tebaik program kawasan rumah pangan lestari  se-Kabupaten Banjar pada 2017.

Dengan menjadi juara 1 yang ditetapkan pemerintah daerah Kabupaten Banjar pada Selasa (16/10) tersebut, KWT "Bunga Sakuntum" Desa Padang Panjang berhak untuk mengikuti penilaian tingkat provinsi .

Ketua KWT "Bunga Sekuntum" Desa Padang Panjang Endang Ratnawati menyatakan, kelompoknya yang berjumlah 15 anggota sudah sangat siap untuk mengikuti penilaian tingakt provinsi tersebut, bahkan bertekad bisa kembali juara.

Menurut dia, KWT "Bunga Sekuntum" dalam program kawasan rumah pangan lestari telah mengembangkan tanaman di komoditas sayur-sayuran, diantaranya, kangkung cabut, bayam cabut, tarung, kacang panjang, buncis, tomat dan lombok.

Bahkan, lanjut dia, KWT "Bunga Sekuntum" yang mendapat dukungan besar dari Karang Turan "Simpatik" desa tersebut, juga melaksanakan pembuatan kebun bibit, pemanfaatan pekarangan rumah anggota, pembuatan kebun demplot.

"Di sana juga kita kembangkan tanaman holtikultura, buah-buahan dan beternak ayam," tutur Endang.

Menurut dia, program dari bantuan APBD kabupaten ini sangat-sangat pihaknya manfaatkan dengan baik dan berkelanjutan untuk menambah ekonomi dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Intinya program pemerintah daerah ini kita jalankan sebaik-baiknya, sebab ini untuk kesejahteraan kita juga, terkait penghargaan itu sebagai pemicu motivasi bagi kelompok kita untuk terus maju," tegasnya.

Dari pengetahuannya, ucap Endang, program pemerintah ini bertujuan agar setiap rumah tangga dapat mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki, termasuk pekarangan dalam menyediakan pangan bagi keluarga melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).
   

Pewarta: Sukarli

Editor : Sukarli


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017