Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry menyerahkan bantuan pangan secara simbolis berupa beras, kepada masyarakat yang kurang mampu dan mengalami gagal panen di Desa Simpur, Kecamatan Simpur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS H Ruhaimi Alman Senin, mengatakan pemberian bantuan cadangan pangan ini berdasarkan Peraturan Bupati tentang pengelolaan cadangan pangan Pemerintah Kabupaten dan surat camat Simpur dan kepala Desa Simpur perihal permohonan bantuan beras.

"Untuk itu, telah dilakukan verifikasi sebelumnya oleh Tim Pelaksana Cadangan Pangan Pemkab HSS, dari hasil verifikasi tersebut, direkomendasikan calon penerima bantuan sebanyak 20 orang,"katanya.

Dijelaskan dia, untuk jumlah bantuan sebesar 15 kilogram per Kepala Keluarga (KK)  per bulan,  sebanyak 9 orang mendapatkan bantuan minimal selama  enam bulan, dan 11 orang menerima bantuan maksimal selama tiga  bulan.

Bantuan pertama diserahkan masing-masing 45 kilogram per KK untuk 3 bulan yang diikuti dengan evaluasi kondisi kelompok sasaran, sementara jumlah cadangan pangan seluruhnya yang dikeluarkan untuk 20 KK, yaitu sebesar 900 Kg.

"Selama tiga  bulan pertama, jika masih diperlukan bantuan lanjutan, kepala desa dapat mengajukan permohonan kembali yang diketahui oleh camat setempat,"katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry,  mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut sifatnya sementara, sedangkan  kegagalan yang dialami masyarakat petani dalam bercocok tanam, memang sudah seharusnya dibantu oleh pemerintah.

"Ditengah-tengah kegagalan yang dialami masyarakat, pemerintah memang harus turun tangan,"katanya.

Dijelaskan dia, pemerintah memang akan terus membantu pemerintahan desa melalui pihak-pihak terkait, sehingga pemerintahan desa bisa terus berjalan dengan baik.

Ia mengharapkan, bantuan tersebut bisa meringankan beban hidup masyarakat petani yang mengalami gagal panen,ia juga menyarahkan warga yang gagal panen dapat melakukan usaha lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Kantor Desa Simpur, Bupati HSS juga menyerahkan bantuan cadangan pangan tersebut kepada salah seorang warga Desa Simpur, langsung dirumahnya.

Dengan adanya penyaluran Cadangan Pangan tersebut, maka sisa persediaan cadangan pangan Pemkab HSS yaitu sebanyak 18.371 kilogram, dari jumlah cadangan pangan 2014-2016 sebesar 19.271 kilogram.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017