Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak enam perenang kontingen Kota Banjarmasin berhasil mendulang 15 medali emas pada cabang olahraga renang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalimantan Selatan 2017 di Tanjung, Kalsel.

Panitia pelaksana cabang renang Porprov X Mudiyono, di Tanjung, Kamis, mengatakan, cabang renang ini sudah berakhir dipertandingkan Kamis (12/10) sejak dimulai pada 9 Oktober lalu dengan 32 nomor dipertandingkan.

"Hingga akhir pelaksanaan, kontingen Kota Banjarmasin berhasil mengumpulkan medali emas terbanyak, yakni 15 medali yang dipersembahkan enam atletnya," katanya.

Diungkapkan dia, pendulang medali emas dari Kota Banjarmasin itu dipersembahkan tiga atlet renang putra dan tiga atlet renang putri, untuk putra adalah Wahyudin Kudrunnada, M Ali Furqon dan Zainur Rahman. Sedangkan putri dipersembahkan Rina trisanti, Farida Ariyanti dan Sri Ayu Widiyanti.

"Kontingen renang Kota Banjarmasin juga mengumpulkan sebanyak 5 perak dan tujuh perunggu," ungkapnya.

Namun, ungkap dia, dari perestasi atlet-atlet renang Kota Banjarmasin itu, atlet renang yang luar biasa meraih prestasi jumlah medali terbanyak adalah dari kontingen Tanah Bumbu, yakni Adella Cahya Mutiara.

"Atlet renang bernama Adella Cahya Mutiara ini memenangkan semua pertandingan yang diikutinya, yakni enam medali emas," paparnya.

Menurut dia, dari 13 kabupaten/kota yang mengikuti cabang olahraga renang ini hanya tujuh kontingen yang meraih medali emas, selain Kota Banjarmasin dan Tanah Bumbu, ada pula Tanah Laut dan Tabalong yang sama meraih tiga medali emas.

"Sementara itu kontingen Kabupaten Banjar dan Tapin masing-masing dua emas, trakhir kontingen Kota Banjarbaru dengan raihan satu emas," paparnya.

Klasemen sementara peraih medali emas terbanyak hingga Selasa (12/10) sekitar pukul 16.30 Wita masih diduduki kontingen Kota Banjarmasin dengan 76 medali emas, Kota Banjarbaru sebanyak 31 medali emas dan Tanah Bumbu 31 medali emas.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017