Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mengoperasikan bus angkutan perkotaan untuk melayani penumpang terutama menuju Jalan Trikora ke Rumah Sakit Umum Daerah Idaman.

"Dua buah bus dioperasikan melayani rute mulai dari terminal Simpang Empat menuju Rumah Sakit Idaman," ujar Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Kota Banjarbaru, Rabu.

Ia mengatakan, dirinya didampingi Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan dan Sekdako Said Abdullah secara resmi meluncurkan operasional dua unit bus melintasi Jalan Trikora itu, Selasa (10/10), sekaligus menjadi penumpang perdana .

Menurut Nadjmi, kondisi bus berkapasitas 35 tempat duduk bantuan pusat melalui Kementerian Perhubungan cukup bagus dan bersih.

"Kondisi busnya bagus karena masih baru bantuan dari Kemenhub. Harapan kami, keberadaan bus mampu melayani masyarakat yang ingin ke rumah sakit dan sebaliknya," ungkap dia.

Disebutkan, uji coba berlangsung mulai 10 Oktober hingga Desember 2017 dan selama masa uji coba itu penumpang tidak dikenakan biaya atau gratis.

"Selama masa uji coba, penumpang tidak dikenakan biaya sambil menunggu evaluasi apakah nantinya dikenakan biaya atau diberikan subsidi sehingga tidak memberatkan," ucapnya.

Ia mengatakan fasilitas pendukung berupa halte atau titik pemberhentian bus akan disiapkan sehingga masyarakat yang ingin menggunakan angkutan perkotaan itu semakin mudah.

"Kami akan menyiapkan halte di titik-titik tertentu, tetapi fokus halte di depan RS Idaman dulu sehingga masyarakat bisa memanfaatkan bus menuju terminal Simpang Empat dan sebaliknya," ujar dia.

Kepala Dinas Perhubungan Banjarbaru M Hilman didampingi Kasi Angkutan dan Terminal Adi Surya Noor mengatakan dua buah bus yang melayani jalur Jalan Trikora beroperasi Senin hingga Sabtu.

"Masyarakat maupun pelajar sekolah bisa memanfaatkan bus dan kami akan menyiapkan titik pemberhentian bus agar memudahkan penumpang untuk menaikinya," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017