Paringin, (Antaranews Kalsel) - Perolehan medali emas kontingen Kabupaten Balangan, di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke X Kalsel tahun 2017, di Kabupaten Tabalong, jauh lebih baik dari Porprov IX musim lalu.

Dimana pada gelaran Porprov IX di Kabupaten Banjar tanggal 15-23 Desember 2013 silam, Kabupaten Balangan berada di peringkat 12 hanya dengan 4 emas, 7 perak dan 11 perunggu.

Sedangkan saat ini, Kabupaten Balangan  berada di posisi 11 dengan perolehan medali sementara sebanyak 6 medali emas, 8 perak dan 7 perunggu

 Hingga 10 Oktober pukul 09.23Wita, Peringkat pertama masih kokoh ditempati oleh Kota Banjarmasin dengan perolehan 45 medali emas, 32 perak, dan 27 perunggu. disusul oleh Kota Banjabaru dengan perolehan 17 medali emas, 18 perak, dan 29 perunggu.

Kabupaten Hulu Sungai Utara berada diperingkat tiga dengan memperoleh 14 medali emas, 6 perak, dan 16 perunggu. Peringkat empat Barito Kuala dengan memperoleh 11 medali emas, 8 perak, dan 13 perunggu.

Peringkat lima Tapin dengan memperoleh 11 medali emas, 6 perak, dan 13 perunggu. Peringkat enam Tanah Bumbu dengan perolehan 10 medali emas, 18 perak, dan 30 perunggu.

Tuan rumah Kabupaten Tabalong berada di posisi ke tujuh dengan perolehan 9 medali emas, 15 perak dan 21 perunggu. Peringkat delapan Kabupaten Banjar dengan meraih 7 medali emas, 10 perak dan 23 perunggu.

Peringkat sembilan diraih Hulu Sungai Selatan dengan perolehan 7 medali emas, 9 perak dan 12 perunggu. Posisi 10 diduduki Tanah Laut dengan memperoleh medali 6 emas, 8 perak, dan 12 perunggu.

Peringkat 12 Hulu Sungai Tengah dengan memperoleh 5 medali emas, 3 perak dan 6 perunggu. Dan untuk peringkat 13 Kotabaru memperoleh 22 medali, terdiri dari satu emas, delapan perak dan 13 perunggu. 

Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Balangan, Syarifudin mengungkapkan, masih banyak kemungkinan pundi-pundi perolehan medali diajang lainnya hingga akhir Porprov X, sehingga tidak perlu berkecil hati.

"Kita optimis kontingen Balangan akan terus meraih medali, sehingga ukuran kita tidak lagi pada posisi klasemen," katanya.

Menurut dia, dengan meningkatknya perolehan medali dari ajang Porprov sebelumnya di Kabupaten Banjar, yang hanya meraih 4 medali emas, itu juga merupakan salah satu keberhasilan pembinaan kita yang cukup singkat, mengingat kisruh sebelumnya di kepengurusan KONI Balangan.

Selanjutnya, kekurangan yang ada akan menjadi tugas bersama para Pengurus KONI Balangan dan para pengurus Cabang Olahraga (Cabor) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Balangan, agar bisa meningkatkan prestasi atlet hingga bisa menyumbangkan atlet pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Bahkan jika bisa pada ajang Sea Games, pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017