Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar sosialisasi dan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara di Kabupaten HSS.

Ketua Panitia Pelaksana Dewi Bagus, di Kandangan, (5/10), mengatakan, kegiatan deteksi dini ini untuk mewujudkan  Wanita Indonesia yang bebas kanker serviks dan payudara, diikuti 230 peserta baik yang mendapftar secara online, layanan telpon ataupun langsung datang dua hari sebelumnya.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan untuk memberikan pengetahuan terhadap kaum wanita khususnya di Kabupaten HSS, tentang bahaya kanker serviks dan payudara, juga mendeteksi secara dini sehingga menekan tingkat kematian akibat kanker serviks dan payudara,"katanya.

Dijelaskan dia, kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, yaitu Kamis (5/10) dimulai dengan kegiatan penyuluhan deteksi dini kanker serviks dan payudara, dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh 25 tenaga kesehatan terdiri dokter, bidan dan perawat.

Ketua IAD HSS Rahmi Andin Adyaksantoro, mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas dukungan banyak pihak, dalam upaya bersama mendeteksi secara dini kanker serviks dan payudara demi terwujudnya Wanita Indonesia yang sehat dan sejahtera.

"Ini juga sebagai tindak lanjut dari himbauan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam rangka bulan peduli kanker payudara Internasional  setiap bulan Oktober ini, pemeriksaan kesehatan dalam bentuk tes Iva dan Sadanis,"katanya.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan, menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, karena pemeriksaan ini penting mengingat kanker serviks  masih merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia.

Diharapkan dia, kaum wanita di HSS yang masih usia subur ataupun berkeluarga melalui kegiatan ini, akan mendapatkan pengetahuan secara dini dan agar terhindar dari kanker serviks dan payudara, saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan Deteksi dini bertempat di Aula Kejaksaaan Negeri (Kejari) HSS, Kamis (5/10) pagi.

Turut berhadir, Kepala Kejari HSS Andin Adyaksantoro sebagai Pengawas IAD HSS, Ketua GOW HSS Hj Zaitun Ardiansyah, Ketua Gatriwatra HSS Sri Astuti, perwakilan Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017