Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan mensosialisasikan pendaftaran, dan penelitian, administrasi dan verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) yang akan menjadi peserta Pemilihan Umum  2019.

Divisi Hukum dan Pengawasan Koordinator Wilayah (Korwil) Angkinang dan Telaga Langsat, di Kandangan, Senin (2/10), mengatakan, sosialisasi diikuti hampir semua pengurus parpol tingkat Kabupaten HSS termasuk dari partai baru seperti Partai Perindo, Idaman, Berkarya dan Garuda.

"Sosialiasi yang dibuka Ketua KPUD HSS Imron Rosyadi, bertujuan untuk menyampaikan mekanisme dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh Parpol calon peserta dalam Pemilu tahun 2019 mendatang,"katanya.

Dijelaskan dia, tahapan yang harus diikuti oleh Parpol untuk bisa menjadi peserta Pemilu 2019 antara lain harus mengikuti pendaftaran, penelitian dan verifikasi faktual, baik ditingkat Pengurus pengurus Pusat hingga Pengurus Kabupaten atau Kota, saat menjadi narasumber materi sosialisasi di Aula KPUD HSS, Senin (2/10) pagi.

Untuk tahap pendaftaran parpol di tingkat kabupaten  atau kota, parpol menyerahkan dokumen pendaftaran, KPUD memeriksa kelengkapan dan kebenaran dokumen dan diberikan tanda terima penyerahan dokumen.

Tahap penelitian admnistrasi juga dilakukan KPUD, setelah menerima KPU melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen dan penelitian terhadap dugaan keanggotaan ganda parpol dan keanggotaan parpol, lalu KPUD menyusun hasil penelitian administrasi.

Selanjutnya, dilanjutkan penelitian administasi perbaikan dan tahap verifikasi faktual, yang dilakukan terhadap jumlah dan susunan pengurus parpol , pemenuhan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen dan domilisi kantor Parpol yang kemudian disusun dalam rekapitulasi hasil verifikasi faktual.

"Setelah  tahapan verifikasi faktual, masih ada verifikasi faktual perbaikan  dan perbaikan persyaratan parpol hasil verifikasi faktual, dan terakhir verifikasi faktual hasil perbaikan persyaratan parpol,"katanya.

Ditambahkan dia, tugas KPUD HSS dalam melakukan rekapitulasi hasil penelitian administasi dan verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor, keanggotaan parpol calon peserta pemilu dan disampaikan kepada para pihak.

Adapun kegiatan sosialisasi yang diikuti ketua dan sekretaris dari 18 parpol yang ada di Kabupaten HSS, dihadiri pengurus Partai PKS, Golkar, Demokrat, PPP, PKPI, Perindo, PAN, Nasdem, Garuda, Berkarya, Idaman, PDIP, Gerindra, PKB, PBB, Hanura, PBR dan PNBK.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017