Rantau, (Antaranews Kalsel) - Bukan hanya sebagai pemasok bawang merah di pasar lokal Kalimantan Selatan, ternyata Kabupaten Tapin menjadi pemasok bibit bawang merah ke beberapa daerah di Kalsel.

Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Wagimin saat di temui disela-sela kegiatan di Desa Bearamban Kecamatan Piani, Kamis (28/9) membenarkan bahwa beberapa daerah di Kalsel membeli bibit bawang merah di Kabupaten Tapin.

"Beberapa daerah seperti Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan dan daerah lainnya membeli bibit bawang merah di petani bawang merah Tapin," ujarnya.

Melihat hal tersebut, Wagimin pun bersyukur dikarenakan kualitas bawang merah hasil pertanian Tapin mulai diakui oleh beberapa daerah.

"Bahkan sebelumnya beberapa daerah pun datang untuk belajar pertanian bawang merah di Tapin," jelas Wagimin lagi.

Selain sebagai pemasok bibit bawang merah, bawang merah Tapin terus meningkatkan kualitasnya untuk memenuhi permintaan pasar lokal dan bersiap untuk pasar eksport seperti ke Vietnam, dan Malaysia.

"Kita targetkan sekitar awal tahun 2018, kita bisa eksport 1000 ton bawang merah ke Vietnam sesuai permintaan investor yang siap memasarkan bawang merah asal Tapin.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017