Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Klub dayung Rodita menjuarai lomba dayung tradisional yang digelar dalam kaitan memperingati hari jadi Kota Banjarmasin yang ke-491 yang berlangsung di Sungai Martapura Banjarmasin.

Dengan demikian klub dayung Rodita berhak atas piala bergilir, piagam penghargaan dan hadiah yang diserahkan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, seusai acara yang berlangsung Minggu kemarin, kata Kepala Bagian Humas Thamrin melalui siara pers di terima Antara Kalsel, Senin.

Sedangkan juara II danb III diraih oleh klub dayung tradisional Fadilah, dan klub dayung Red Arwana.

Lomba dayung tradisional tersebut berlangsung di kawasan Sungai Martapura, Banjarmasin tepatnya di depan Panggung Tongkang pagelaran Seni dan Budaya, depan eks kantor Gubernur Kalsel.

Kegiatan memperebutkan piala bergilir Wali kota Banjarmasin itu, diikuti sekira 65 peserta yang berasal dari Kota Banjarmasin dan daerah sekitarnya, sekaligus sebagai kalender tahunan untuk menyemarakan wisata sungai di wilayah tersebut.

Pertandingan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani itu.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina sangat mengapreasiasi kegiatan tersebut. Bahkan, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat kota seribu sungai untuk ikut menikmati semua sungguhan rangkaian kegiatan peringatan harijadi Kota Banjarmasin ke 491.

"Saya ingin warga kota bisa menikmati semua acara yang disuguhkan sampai tanggal 30 September nanti. Pada tanggal 30 September nanti kegiatan yang akan digelar yaitu Pawai Klotok di malam hari," katanya.

Dijelaskannya, selain untuk memperingati hari jadi Kota Banjarmasin, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengangkat budaya lokal kota ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat kota untuk selalu menjaga kebersihan terutama kebersihan di sepanjang sungai.

"Jaga selalu kebersihan lingkungan terutama kebersihan sungai. Jangan membuang sampah di sungai," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017