Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Tokoh Muhammadiyah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan HM. Jamaluddin Ahmad mengatakan kader gerakan Muhammadiyah akan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Sejarah membuktikan bahwa salah satu kader Muhammadiyah yakni Jenderal Sudirman ikut merumuskan dan melahirkan Pancasila, maka sudah sepatutnya warga Muhammadiyah akan selalu menjaga keutuhan NKRI," ujar Jamaluddin di Alabio, Jum'at.

Jamaluddin mengatakan, pada setiap pelatihan kader Muhammadiyah selalu diingatkan untuk turut berjuang menjaga NKRI dari setiap rongrongan ideologi lain.

Pelatihan kader Muhammadiyah, katanya murni untuk melatih penggerak cabang Muhammadiyah dengan tujuan memperbaiki dakwah agama islam.

Ia mengemukakan jika, Gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah justru lebih terpusat di cabang dan rantingnya, karena jika cabang dan ranting tidak aktif, maka pusatnya tidak dapat bergerak.

Jamaluddin menyampaikan tausiyah pada Pembukaan Pelatihan Kader penggerak cabang dan ranting Muhammadiyah se-Kalimantan di Alabio Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Pelatihan kader kali ini bertemakan ''Maju Bersama Cabang dan Ranting Terus Berkembang''.

Pembukaan pelatihan kader ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati HSU, Pimpinan Muhammadiyah Kalsel dan sekitar sekitar 500 orang pengurus dan pemuda Muhammadiyah se Kalsel.

Panitia pelaksana Khairianor menyampaikan jumlah panitia pelatihan sebanyak 111 orang, baik dari pimpinan daerah, cabang dan ranting, sedangkan jumlah peserta 134 orang.

"Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari bertempat di Komplek Perguruan Muhammadiyah Alabio, dengan menggunakan dana yang telah terkumpul sebesar Rp. 27.637.000," terangnya.

Pimpinan Muhammadiyah Kalsel Tajudin Noor mengatakan berterima kasih kepada Bupati HSU yang telah memberikan ijin atas pelatihan kader penggerak cabang Muhammadiyah Alabio di Kec. Sungai Pandan.

"Saya sangat mengapresiasi pengurus Muhammadiyah Cabang I, yang telah mengadakan pelatihan ini, diharapkan bisa membentuk kader yang semakin baik," kataTajuddin.

Bupati HSU Abdul Wahid mengatakan sebagai gerakan pencerahan Muhammadiyah telah membuktikan istiqomah melaksanakan kegiatan dakwah diberbagai bidang.

"Melalui pelatihan kader ini diharapkan mampu memberikan semangat baru dalam perjuangan gerakan Muhammadiyah," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017