Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ibnu Sina menyatakan akan menggencarkan program mencetak wirausahawan baru pada 2018 hingga bisa mencapai target misinya sebanyak 2.500 wirausahawan baru total terlahir selama 2016-2021.


Sejauh ini, kata dia saat gelar jumpa pers dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-491 di Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Rabu, pemerintah kota sudah melakukan pembinaan sebanyak 625 calon wirausahawan baru.

"Jadi dua tahun berjalan pemerintahan kita ini sudah berjalan cukup baik untuk program mencetak wirausahawan baru itu, pada tahun depan akan kita gencarkan lagi agar jumlahnya meningkat tajam," paparnya.

Hingga program menciptakan wirausahawan baru ini akan lebih terasa, di mana pembinaannya akan berlanjut dari rekrutmen, pelatihan, pembinaan, permodalan sampai pemasaran.

Menurut dia, pencetakan wirausahawan baru ini akan menciptakan lebih banyak lagi peluang kerja, hingga prekonomian masyarakat bisa lebih meningkat yang tujuan akhirnya kesejahteraan.

Oleh karena itu, tambahnya, program mencetak wirausahawan baru ini tidak hanya dibebankan kepada satu instansi, namun sifatnya gotong royong semua instansi pemerintah kota dapat terlibat di dalamnya.

Apalagi, Kota Banjarmasin yang notabene kota perdagangan dan jasa, kini bertambah menjadi kota tujuan wisata.

"Nah, di sektor wisata ini akan bisa ditumbuhkan wirausahawan baru untuk bisa menggenjot perekonomian daerah, di mana ini sangat potensial," paparnya.

Menurut dia, pemerintahannya pada tahun pertama memang masih bersifat melakukan banyak sosialisasi terhadap visi dan misi untuk menciptakan daerah ini sebagai kota "Baiman" atau "barasih wan nyaman".

Namun demikian, ungkap Ibnu Sina, program pembangunan terus dijalankan semaksimal mungkin, di mana segi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan juga revitalisasi sungai sudah sangat baik berjalan, termasuk juga pembenahan lingkungan dengan hasilnya tiga kali meraih Adipura Kirana.

`Fokus kedepan akan kita lakukan agar pembenahan sungai untuk menciptakan Banjaramsin sebagai kota sungai terbaik di Indonesia, tumbuhnya wirausahawan baru akan lebih terasa kuat," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017