Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada segenap insan perhubungan agar selalu fokus dan menjauhi segala bentuk praktek KKN, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
     
"Serta berkomitmen membangun transportasi yang berkeadilan dan mewujudkan "clean and good governance", sehingga tercapainya target memberikan pelayanan secara efisien, akuntabel, transparan dan tanpa adanya penyelewengan," demikian sambutan Menhub yang dibacakan Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar, pada upacara Hari Perhubungan di Kotabaru, Senin.
      
Hari perhubungan nasional, merupakan momentum yang tepat bagi selaku insan perhubungan untuk melihat kembali kontribusi apa saja yang sudah, bisa disumbangkan untuk memajukan sektor transportasi di Indonesia, secara makro tentu saja untuk mewujudkan harapan dan keinginan program Nawacita Presiden RI.
     
Menurutnya, pembangunan Indonesia sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.
     
Karena peranannya yang teramat strategis itu ke depannya sektor transportasi harus dapat menjalin konektivitas antarpulau dan harus mampu mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah tanah air Indonesia, menjamin keamanan dan keselamatan pengguna jasa, serta menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik dan prima bagi seluruh lapisan masyarakat.
     
Kementerian Perhubungan sebagai regulator bukan semata–mata menetapkan kebijakan secara sepihak, namun tetap mengusung aspirasi masyarakat dalam mendukung roda perekonomian, memperlancar mobilisasi penduduk dan arus barang serta berperan dalam konektivitas antar daerah.
     
"Untuk itu kita telah menyelesaikan beberapa deregulasi yang mendukung paket kebijakan ekonomi XV sektor logistik dan dapat mendorong peningkatan iklim investasi," katanya.
     
Deregulasi tersebut antara lain, pengaturan untuk pencabutan persyaratan kepemilikan modal badan usaha di bidang pengusahaan angkutan laut, keagenan kapal, pengusahaan bongkar muat dan badan usaha pelabuhan.
     
Kemudian, pemindahan barang yang melewati batas waktu penumpukan (long stay) di pelabuhan utama belawan, pelabuhan utama tanjung priok, pelabuhan utama tanjung perak dan pelabuhan utama makassar.
     
Serta penyelenggaraan dan pengusahaan jasa pengurusan transportasi dan pengamanan kargo dan pos serta rantai pasok (supply chain) kargo dan pos yang diangkut dengan pesawat udara.
     
"Kita seluruh insan perhubungan harus bergerak cepat dan berubah untuk mengikuti kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan yang global," tegasnya.
     
Selanjutnya kita harus memiliki kemampuan beradaptasi, berinovasi dan menembus batas untuk mengetahui realitas sebenarnya di masyarakat, dilanjutkan dengan melakukan perubahan pola kerja baru dalam menciptakan sistem transportasi yang andal, regulasi yang tepat penyediaan prasarana yang baik dengan dukungan anggaran yang memadai.
     
Hal tersebut lanjut menteri, sejalan dengan tema Harhubnas tahun 2017 yaitu “Melalui peringatan Harhubnas 2017 Kita Tingkatkan Solidaritas, Sinergitas dan Kerja bersama dalam mewujudkan transportasi yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah".
     
Pada kesempatan itu, menteri juga berpesan, agar segenap insan perhubungan    tetap berpijak pada bumi ini, agar kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat indonesia dengan keihklasan dan senyuman sepenuh hati.
     
Diungkapkan menteri perhubungan, Harhubnas tahun 2017 dilaksanakan sejumlah kegiatan perlombaan dan pertandingan di bidang seni maupun olahraga serta kegiatan bakti sosial yang dilakukan secara berkelompok untuk memupuk persaudaraan yang erat antar insan perhubungan serta kegiatan yang membumi dan merakyat untuk mendidik masyarakat tentang kebhinekaan dan menghargai kemerdekaan, yaitu dengan kegiatan misbar film, keroncong melayu dan ekspresi kearifan lokal lainnya.
     
"Sebagai contoh untuk kita semua sebuah kerja nyata saya atas nama kementerian perhubungan akan menyampaikan penghargaan atas prestasi kerja bagi insan perhubungan yang terpilih dan saya ucapkan, selamat,” ujarnya.
     
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selaku koordinator Harhubnas tahun 2017 dan segenap panitia penyelenggara yang tergabung dari berbagai unit kerja di Kementerian Perhubungan dan BUMN serta instansi terkait lainnya yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan dan memeriahkan peringatan Harhubnas 2017.

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017