Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik IndonesiaI (Pepabri) Kalimantan Selatan Nasib Alamsyah mengatakan, semangat kebangsaan mampu mencegah perilaku korupsi.


"Semangat kebangsaan terutama yang tumbuh didalami diri aparatur pemerintah maupun penyelenggara negara mampu mencegah perilaku korupsi," ujarnya di Banjarbaru, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan usai ziarah ke taman makam Pahlawan "Bumi Kencana" Landasan Ulin Kota Banjarbaru dalam rangka peringatan HUT Pepabri ke-58 setiap 12 September.

Ia mengatakan, ziarah mengunjungi taman makam pahlawan merupakan salah satu wujud semangat kebangsaan dan cinta tanah air yang diwujudkan dengan mengenang jasa-jasa pahlawan.

"Ziarah ke taman makam pahlawan ini membuat kita meneladani besarnya rasa kebangsaan dan cinta tanah air seluruh pahlawan sehingga mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan," katanya.

Ditekankan, semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air dengan cara mengenang jasa pahlawan bukan hanya dilakukan personel TNI/Polri aktif maupun Pepabri tetapi seluruh masyarakat.

"Seluruh masyarakat harus selalu menggelorakan semangat kebangsaan dan meningkatkan rasa cinta tanah air sehingga mampu membangun bangsa dan daerah lebih maju," katanya.

Dikatakan, seluruh generasi muda dari berbagai unsur diharapkan bisa menjadi penggerak semangat kebangsaan dan cinta tanah air sehingga negara kita menjadi semakin kuat dan sejahtera.

Ketua Gerakan Muda FKPPI Kalsel Adi Kartika mengatakan, pihaknya bersama seluruh anggota FKPPI siap sedia menjadi pelopor semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.

"Kami siap mendarmabaktikan diri sebagai pelopor semangat kebangsaan dan cinta tanah air sebagai peran aktif generasi muda membangun bangsa dan negara tercinta," ujarnya.

Dikatakan, program kerja yang sudah disiapkan adalah mendidik dan melatih anggota FKPPI secara berjenjang baik tingkat kabupaten dan kota, provinsi hingga tingkat nasional.

"Pendidikan dan pelatihan anggota FKPPI seperti pendidikan bela negara dan cinta tanah air maupun nilai-nilai positif lainnya sehingga membentuk generasi berwawasan kebangsaan," kata dia.

Sementara itu, ziarah ke taman makam pahlawan diikuti puluhan anggota Pepabri Kalsel dan personel Satgas FKPPI yang melakukan tabur bunga ke sejumlah makam pahlawan.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017