Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 150 pasang pemain mengikuti pertandingan permainan tradisional Balogo yang digelar warga Tanjungan, Desa Sungai Raya,  Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, Hendro Martono, di Kandangan, Selasa (12/9), mengatakan, para pemain Tidak hanya warga se Kecamatan Sungai Raya yang mengikuti pertandingan Logo, tetapi ada juga peserta yang datang dari daerah Binuang, Kabupaten Tapin.

"Pertandingan ini guna melestarikan permainan tradisional agar tidak tergerus oleh kemajuan jaman dan teknologi, serta menjalin keakraban dan kebersamaan "katanya.

Bupati HSS H  Achmad Fikry, mengatakan, sangat mengapresiasi dan bersyukur  karena bisa menyaksikan kembali permainan tradisional Balogo ini, saat memberikan sambutan dalam kegiatan pertandingan balogo di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (11/9).

"Semoga melalui pertandingan logo seperti ini, permainan tradisional ini bisa terus dilestarikan dan masyarakat khususnya generasi muda dapat mencintai kearifan lokal dan budaya daerah sendiri,"katanya.

Ia menambahkan, pada peringatan Hari jadi HSS nantinya, Pemerintah Kabupaten(Pemkab)  HSS juga  kembali akan mengadakan pertandingan balogo  antar kecamatan se Kabupaten HSS.

Pertandingan ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp5 juta, diantaranya berupa  dua buah sepeda gunung, dua buah kipas angin, serta dua  buah HP.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017