Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Bajarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Hj Rahmiyani MAP, Ketua TP PKK Kecamatan Cempaka dan Ketua TP PKK Kelurahan Sungai Tiung membuka Pelatihan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017 pembuatan aneka kue di Kelurahan Sungai Tiung Kecamtan Cempaka Banjarbaru, Senin (4/9).

Hj Rahmiyani MAP selaku panitia pelaksana menyampaikan maksud dari Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017 ini adalah untuk mengarahkan, memandu dan membimbing masyarakat melalui pembentukan usaha-usaha produktif pada pengolahan pembuatan aneka kue dengan cara memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis dengan penggunaan peralatan teknologi yang sederhana dan praktis serta teknik-teknik manajerial.

Dengan tujuan mendorong dan tumbuh berkembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri disektor usaha-usaha kecil pembuatan aneka kue agar menjadi unit ekonomi produktif yang berkembang permanen dan berkesinambungan serta menjadi pendorong atau untuk memotivasi masyarakat sekitarnya untuk berwirausaha.

Menurut Hj Rahmiyani menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017 pembuatan aneka kue di Kelurahan Sungai Tiung merupakan yang ke tiga kali dilaksanakan dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Kelurahan Palam yang pertama dan kedua di Kelurahan Syamsudin Noor.

Adapun pelaksanaan TTG ini dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 04 s/d 18 September 2017 bertempat di Aula Kelurahan Sungai Tiung. Para peserta TTG adalah para masyarakat penganggur atau setengah penganggur dari Kelurahan Sungai Tiung sebanyak 20 orang.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru, Hj Ririen Nadjmi Adhani maksud diadakannya  pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga sekaligus mendukung pengembangan usaha industri kecil di Banjarbaru salah satu caranya ialah dengan, memberikan Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal pembuatan aneka kue yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Sungai Tiung Banjarbaru oleh Dinas Koperasi UMKM dan Naker bekerjasama dengan PKK Kota Banjarbaru.

Pelatihan ketrampilan pembuatan kue ini sangat penting. Khususnya bagi para ibu/perempuan dalam peningkatan ekonomi keluarga.

"Dengan banyak ilmu yang didapat tentunya banyak manfaat. Salah satunya, membantu meningkatkan ekonomi keluarga dengan jalan mengembangkan sebagai usaha kecil dan bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan nantinya," kata Hj Ririen Nadjmi Adhani.

Hj Ririen Nadjmi Adhani berharap kepada para peserta pelatihan nantinya ada beberapa yang menjadi pengusaha kue di daerah Sungai Tiung ini./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017