Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Keberhasilan menyelesaikan studi di perguruan tinggi tentu memberikan kebanggaan bagi para mahasiswa. Namun di balik rasa bahagia setelah mendapatkan predikat sarjana, bukan tidak mungkin terselip kekhawatiran dan juga beragam pertanyaan mengenai dunia kerja.


Menyadari bahwa bekal keilmuan saja belum lah cukup bagi para sarjana yang dihasilkannya, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Makanya STKIP PGRI Banjarmasin mengadakan program pembekalan untuk menghadapi dunia kerja yang Acara ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studinya di Prodi itu dan akan segera di wisuda.

Acara dengan tema "Bachelor of English Education in the Career Perspective" ini diadakan pada hari Senin, 28 Agustus 2017 bertempat di Aula STKIP PGRI Banjarmasin. Acara ini dihadiri oleh Ketua PPLP PT PGRI Banjarmasin, jajaran pimpinan STKIP PGRI Banjarmasin, dan para Ketua Prodi di STKIPPGRI Banjarmasin.
  
Sesuai dengan tema yang diusung, "Bachelor of English Education in the Career Perspective", seluruh penyaji, presenter dan moderator melibatkan para alumni Program Studi Bahasa Inggris dari berbagai angkatan. Tiga alumni yang bergelut di bidang pekerjaan yang berbeda menjadi pembicara utama dalam kegiatan ini. Ketiga alumni ini membagi pengalaman mereka dalam menjalani profesi masing-masing. 

Pembicara pertama adalah Mi'rajurrahman, S.Pd., M,Pd yang menjabat sebagai kepala sekolah di sebuah SMA yang cukup besar di Kabupaten Banjar. Beliau berbicara tentang proses yang dijalaninya sebelum akhirnya dipercaya menduduki jabatan tertinggi di sekolah. 

Sebelum menjadi kepala sekolah, Mi'rajurrahman bekerja sebagai guru Bahasa Inggris dan juga sebagai pemandu wisata atau guide. Menurutnya, kemampuan Bahasa Inggris yang dipelajari selama belajar di STKIP PGRI Banjarmasin sangat bermanfaat saat memasuki dunia kerja. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa para lulusan haruslah mulai memperluas jaringan pertemanan untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan.
 
Hal senada juga diutarakan oleh pembicara kedua, yakni, Bonnisa Dzul Faqaria, S.Pd yang menggeluti beberapa profesi. Wanita yang kerap dipanggil dengan sebutan Miss Bonnis ini bukan hanya mengajar di sebuah sekolah pendidikan menengah pertama, tetapi juga mengelola event organizer yang sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan juga instansi pemerintah. 

Bonnisa menekankan bahwa menjadi guru bukanlah satu-satunya pilihan pekerjaan yang tersedia bagi lulusan sekolah tinggi keguruan. Jika lulusan pintar mengasah bakat yang dimilikinya dan dapat menangkap peluang, maka bukan tidak mungkin bagi para alumni untuk mendapatkan pekerjaan lain.

Sebagai tambahan, Bonnisa juga memberikan berbagai tips bagi para calon lulusan yang akan segera memulai masa pencarian pekerjaan. Alumni yang mengaku senang dapat bekerja di bidang public speaking ini menyebutkan beberapa hal yang harus diperhatikan para calon lulusan saat mencari pekerjaan, salah satunya adalah mulai memperhatikan penampilan dan cara bersikap, dan tentunya jangan pernah bosan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris yang sudah dipelajari sebelumnya.
 
Sementara itu, pembicara ketiga Neli Rosiana Fadillah, M.Pd berbicara tentang pengalamannya sebagai seorang dosen. Neli menceritakan bagaimana ilmu yang didapatnya selama di bangku kuliah sangat bermanfaat dalam pekerjaannya.
 
Selain ketiga pembicara utama, dua alumni Program Studi dengan akreditasi B ini juga menjadi bagian dalam acara yang bertempat di aula STKIP PGRI Banjarmasin ini. Suparmin, S.Pd, lulusan Program Studi Bahasa Inggris yang saat ini menggeluti bidang perhotelan, didapuk sebagai pemandu acara, sementara Mirna Oktarina, S.Pd yang baru mengecap dunia kerja selama satu tahun terakhir ikut ambil bagian sebagai moderator.

Melalui pembekalan ini, Program Studi Bahasa Inggris berharap agar para calon sarjana memiliki gambaran tentang profesi apa saja yang bisa menjadi pilihan mereka setelah resmi menjadi lulusan STKIP PGRI Banjarmasin. 

Para calon lulusan Program Studi Bahasa Inggris yang menjadi peserta dalam acara ini memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembekalan ini. Mereka merasa cukup terbantu dengan tips dan saran dari para alumni yang telah sukses di bidangnya masing-masing.

Bukan hanya peserta yang memberikan tanggapan baik atas acara ini. Ketua STKIP PGRI Banjarmasin, Dr. H. Abidinsyah, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah sepatutnya program studi memberikan pembekalan bagi para mahasiswanya sebelum memasuki dunia kerja. Beliau juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para alumni yang sudah berperan aktif dan memberikan banyak kontribusi dalam pelaksanaan acara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa para alumni dan kampus memiliki hubungan yang baik.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017