Martapura (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan pihaknya akan mendukung dan mendorong pengembangan infrastruktur kabupaten dan kota untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan transportasi.


Gubernur saat menghadiri Peringatan Hari Jadi ke 67 Kabupaten Banjar di Martapura Selasa mengatakan, sangat mengapresiasi perkembangan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjar terutama dari aspek penataan lingkungan dan kemajuan infrastruktur.

"Pemerintah Provinsi Kalsel akan terus mendorong dan mendukung bagi upaya peningkatan infrastruktur penting di seluruh daerah kabupaten/kota, termasuk di Kabupaten Banjar," katanya.

Pembangunan infrastruktur seperti jalan antardesa di permukiman masyarakat, jalan pelosok menghubungkan antarkabupaten dan kota , tambah dia, juga akan terus dilakukan, termasuk di beberapa desa di Kabupaten Banjar.

Selain itu, Gubernur dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas lestarinya nilai-nilai religius di Kabupaten Banjar terutama Kota Martapura termasuknya berkembangnya sektor pariwisata di kabupaten dengan julukan Serambi Mekah tersebut.

"Saya sangat terpesona dengan ragam wisata alam di daerah dikenal banyak melahirkan ulama-ulama besar Banua ini," katnya.

Menurut Birin, pesona alam di kabupaten Banjar sungguh memikat bagi siapa saja yang datang dan menikmati. Hampir semua desa dan kecamatan di Kabupaten Banjar memiliki pesona wisata mengagumkan.

Seperti pesona air terjun di Kecamatan Paramasan. Di daerah ini ada Wisata Air Terjun Mandin Mangapan , Air Terjun Munggu Lahung dan Gunung Ambilatau terletak Desa Paramasan Atas.

"Semua itu merupakan anugerah Allah luar biasa untuk masyarakat. Tinggal kita memolesnya dengan kebijakan tata kelola wisata yang tepat dengan tetap mengekedepankan kearifan lokal masyarakat setempat, " katanya.

Bupati Banjar H Khalillurrahman mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan pemerintah provinsi dalam upaya bersama mempercepat pembangunan daerah.

Suasana religius dan kekeluargaan mewarnai Peringatan Hari Jadi ke 67 Kabupaten Banjar. Para alim ulama, umara dan tokoh masyarakat, terlihat penuh keakraban saling berjabat tangan dan mendoakan.

Kedatangan Gubernur H Sahbirin Noor berserta istri Hj Raudhatul Jannah, disambut dengan penuh keramahan Bupati Banjar KH Khalillurrahman dan istri, para alim ulama, guru-guru agama dan tokoh masyarakat.

Acara diawali dengan penampilan Tari Baksa Kembang, sebuah tarian penghormatan untuk tamu undangan semakin memeriahkan prosesi hari jadi di daerah berjuluk Serambi Mekkah Kalsel ini. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017