Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Wahyu Hidayat SIK berinovasi dengan menciptakan Motor Alkon (Motal) yang berfungsi untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilyah setempat.

"Sepeda motor pengangkut air sekaligus bisa menyemprotkannya itu tentunya bermanfaat untuk membantu pemadaman titik api yang kapan saja muncul di lahan warga," kata Kompol Wahyu di Banjarmasin, Senin.

Motor alkon Polsekta Banjarmasin Tengah merupakan hasil ide kreasi sang Kapolsek dan memang terbilang cukup canggih.

Karena tak hanya sekadar mengangkut air, namun alat penyemprot tersebut langsung tersambung ke mesin kendaraan.

Dikatakannya, jika ingin menyemprotkan air, polisi yang membawa kendaraan tersebut tinggal menarik gas dan airnya pun akan keluar hingga jangkauan 10 meter atau lebih tergantung kekuatan gas yang ditarik.

"Kapasitas air yang bisa diangkut 60 liter, terdiri dari dua jerigen berisi masing-masing 30 liter," papar alumnus Akpol 2005 itu.

Meski diakui Wahyu wilayahnya bukan prioritas penanggulangan Karhutla, namun jajaran tetap komitmen berpartisipasi memberikan kontribusi untuk membantu wilayah Polsekta lainnya jika dibutuhkan.

"Di Kota Banjarmasin sendiri memang tidak ada lahan pertanian yang luas atau hutan seperti daerah lain, namun terkadang juga muncul titik api kecil di lahan yang dekat dengan pemukiman warga di saat kemarau, jadi motor Alkon itu bisa berguna memadamkannya di saat anggota melakukan patroli atau ada laporan masyarakat," ujar Wahyu yang pernah menjabat Kabag Ops Polres Tanah Laut.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017