Balangan, (Antaranews Kalsel) - Imunisasi Campak dan Rubella untuk anak dibawah usia 15 tahun di Kabupaten Balangan, bahkan seluruh Provinsi Kalimantan Selatan, akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menyiapkan Imunisasi Measles Rubella (MR) atau Campak dan Rubella untuk anak-anak di bawah usia 15 tahun, dan pemberian imunisasi ini akan mulai dilaksanakan dalam bulan Agustus sampai September 2017 di pulau jawa.‬

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H A Nasa'i, Rabu (16/8) di Paringin ibukota kabupaten yang berjuluk "Bumi Sanggam" tersebut, program pemerintah tersebut dilaksanakan dalam dua fase, dimana fase pertama akan dilaksanakan di pulau jawa, dan fase kedua dilaksanakan seluruh Indonesia.

‪"Program pemerintah ini akan dilaksanakan dalam dua fase, dimana fase pertama dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2017 di Pulau Jawa. Dan fase kedua tahun 2018 dan akan dilaksanakan di seluruh Indonesia," sampainya.

‪Meskipun baru dilaksanakan pada 2018 mendatang sampainya, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan sejak jauh-jauh hari telah mensosialisasikan program pemerintah ini lewat promosi-promosi kesehatan.

Bukan hanya di fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Balangan, namun juga melakukan pendekatan kepada para tokoh agama dan lintas sektor terkait.‬

‪Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Hj Siti Raudah menambahkan bahwa, meskipun Imunisasi Measlles Rubella baru dilaksanakan tahun 2018, namun September nanti akan dilaksanakan imunisasi Campak untuk siswa kelas satu sekolah dasar dan sederajat.

‪Dijelaskan, imunisasi Measlles Rubella (MR) ini merupakan jenis vaksin baru yang akan menggantikan vaksin campak, dan selanjutnya akan menjadi bagian dalam program nasional imunisasi dasar lengkap.‬

‪"Imunisasi MR ini diberikan untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan," ujarnya.‬

‪"Ada beberapa jenis vaksin baru yang akan diberikan untuk imunisasi dasar lengkap, diantaranya Measles Rubella (MR), vaksin Pneumococcos, vaksin Human Papillomavirus (HPV), Japanese Encephalitis (JE), dan vaksin Rotavirus, dan semua itu nantinya bertahap," urainya. 


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017