Balangan, (Antaranews Kalsel) - Karnaval anak dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, diikuti 7.211 anak usia dini, Selasa (15/8).


Didampingi para orang tuanya, ribuan anak dari berbagai lembaga Paud dengan balutan pakaian adat, profesi dan ala Polri serta TNI, meriahkan gelaran karnaval anak yang dilaksanakan di Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, sambil membawa bendera Merah Putih.

Pasangan Bupati Balangan H Ansharuddin dan H Syaifullah, melepas pawai karnaval. Sambil mengusung atribut Merah-Putih dan meneriakkan yel-yel “Merdeka”, anak-anak dari lembaga Paud ini berjalan mengelilingi pusat Kota Paringin kurang lebih 500 meter.

Disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, kegiatan karnaval tersebut merupakan salah satu upaya menumbuhkan rasa patriotisme serta rasa persatuan dan kesatuan dalam berbagai macam adat, suku, budaya dan profesi, sehingga sangat menggambarkan Bhineka Tunggal Ika.

"Anak-anak harus kita libatkan dalam kegiatan peringatan HUT RI sehingga mereka akan tahu makna dan arti kemerdekaan sejak dini, partisipasi anak-anak akan menumbuhkan semangat pula untuk terus berkreasi dalam rangka mengisi kemerdekaan," katanya.

Ia juga menyampaikan terimakasih atas peran serta Lembaga Paud dalam membina anak usia dini dalam memperingati Kemerdekaan RI, terlebih para orang tua anak, yang rela mendandani anak-anaknya bahkan dengan menyewa pakaian anak demi turut memeriahkan acara tersebut.

Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan non-Formal Dinas Pendidikan Balangan, Abdul Hakim mengatakan, karnaval anak usia dini merupakan agenda tahunan. Adapun tema tahun ini yakni "Saya Indonesia, Saya Gembira". 

"Lembaga PAUD yang ikut se-Balangan sebanyak 210, dengan tenaga pendidik 635 orang, dan jumlah peserta didik sebanyak 7.211 anak," jelasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017