Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyepakati rencana menjalin kerjasama dalam membangun e-Government di Kabupaten HSS untuk kemudahan dan kecepatan layanan masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, Hendro Martono, di Surabaya, Kamis (10/8) mengatakan, upaya transisi dari manual ke administrasi berbasis aplikasi (Information and Technology) IT atau teknologi informasi terus didorong Bupati HSS, H Achmad Fikry di lingkungan Pemkab HSS.

"Kami menyambut antusias pengembangan layanan masyarakat berbasis teknologi informasi ini, tim dari Dinas Kominfo HSS dan SKPD terkait telah menyepakati kerjasama dengan Dinas Kominfo Pemkot Surabaya untuk pengembangannya nanti di daerah,"katanya.

Dijelaskan dia, kerjasama dalam hal membangun e-Goverment yang berisikan pendataan dan layanan administrasi berbasis aplikasi IT yang terintegrasi dari e-Planning sampai aplikasi pengembangan untuk kemudahan dan kecepatan layanan masyarakat.

Diketahui saat ini, Pemkot Surabaya telah menerapkan TI  sebagai kebutuhan utamanya agar proses administrasi dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih optimal dan berbagai aplikasi telah diluncurkan untuk pelayanan tersebut.

Aplikasi tersebut, antara lain  Musrenbang, e-Project, e-Procurement, e-Budgeting, e-Payment, e-Delivery, e-Controlling dan e-Performance yang tergabung dalam Government Resources Management System (GRMS), selain itu terdapat sistem pelayanan publik online seperti Surabaya Single Window, E-Health dan E-Lampid.

Rombongan dari Pemkab HSS yaitu Kadis Kominfo HSS beserta tim dari Bakeuda Kabupaten HSS dan Bapelitbangda Kabupaten HSS disambut dan diterima langsung oleh Kadis Kominfo Kota Surabaya Antiek Sugiharti, beserta tim e-Gov Pemkot Surabaya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017