Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, membentuk Forum Anak Daerah (FAD) sebagai wadah bagi anak untuk didengar pendapatnya, idenya, gagasannya serta inovasinya demi kepentingan terbaik bagi anak.

"Anak adalah masa depan bangsa dan generasi penerus cita-cita bangsa yang memiliki peran strategis dalam menentukan maju tidaknya suatu bangsa," kata Bupati Kotabaru H Sayed Jafar pada acara Temu FAD, Jumat.

Oleh karena itu, negara harus mampu memberikan jaminan pelaksanaan hak-hak anak antara lain, hak atas kelangsungan hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak berpartisipasi, hak sipil dan kebebasan serta jaminan atas perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

"Pemkab Kotabaru terus konsisten dan berkomitmen dalam memberikan jaminan terhadap pelaksanaan hak maupun perlindungan terhadap anak," jelasnya.

Salah satunya lanjut bupati, dengan telah dibentuknya forum anak daerah sebagai wadah atau wahana bagi anak untuk didengar pendapatnya, idenya, gagasannya serta inovasinya demi kepentingan terbaik bagi anak.

"Melalui acara temu forum anak daerah ini, saya mengharapkan agar apa yang menjadi keinginan anak-anak selama ini dapat tersampaikan kepada pemerintah Kabupaten Kotabaru," tuturnya.

Pemkab Kotabaru akan senantiasa mendengar, memfasilitasi dan mengayomi anak-anak karena di tangan merekalah kejayaan kabupaten kotabaru nantinya akan dapat diraih serta tentunya menjadi kota layak anak.

Disamping itu lanjut dia, pihaknya juga berharap acara temu forum anak ini selain sebagai ajang silaturrahmi, juga dapat dijadikan sebagai wahana diskusi sekaligus evaluasi terhadap berbagai program yang berkaitan dengan pengembangan anak di Kotabaru.

"Pengurus Forum Anak Daerah Kotabaru agar memberikan perlindungan dan kenyamanan kepada anak-anak sehingga mereka semua dapat tumbuh, dan berkembang dengan baik serta menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berbudi pekerti yang baik pula," harapnya.

Pengurus juga diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam memberikan pemahaman kepada anak akan pentingnya menjadi generasi yang berkualitas.

Salah satunya melalui prinsip untuk menjauhi narkoba, minuman keras, kenakalan remaja dan pengaruh negatif lainnya yang dapat mengancam masa depan anak.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017