Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Kementerian Pendidikan Nasionak melalui Direktorat Pembinaan SMA memberikan program bantuan kepada siswa Sekolah Menengah Atas keterampilan untuk berwirausaha.


Kepala SMA 2 Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan, Midehan Nabhani di Amuntai, Jum'at mengatakan, sesuai kurikulum 2013 dibentuk kelompok usaha siswa dan bantuan modal usaha.

"Untuk Kalsel hanya ada empat SMA yang ditunjuk melaksanakan program kewirausahaan ini salah satunya SMA 2 Amuntai," ujar Midehan.

Midehan mengatakan, sebanyak 14 kelompok siswa dibentuk dengan jenis keterampilan yang berbeda tiap kelompoknya serta masing-masing kelompok mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp1 juta.

Bidang usaha yang dikerjakan para siswa mencakup bidang budidaya, rekayasa, pengolahan, kerajinan dan sebagainya. Contoh kerajinan yang diberikan di sMA 2 Amuntai seperti membuat Kaos Sasirangan, Anyaman ilung dan Sulaman bordir.

Sosialisasi program kewirausahaan ini digelar di SMA 2 Amuntai belum lama ini dengan dihadiri para guru, siswa dan wali siswa., bertemakan 'Membangun karakter dan jiwa wirausaha peserta didik agar mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan berwirausaha'.

"Kami akan menjadikan program kewirausaha ini sebagai acuan program dengan membentuk kelompok-kelompok kerja usaha mikro, dimana tiap kelompok terdiri tiga siswa, " terangnya.

Dirinya mengharapkan melalui program ini, para siswa dapat membangun kemandirian melalui pengembangan keterampilan, baik bidang budidaya, kerajinan tangan, rekayasa atau pengolahan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017