Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri Sekolah Staf Pimpinan Tinggi Kepolisian Republik Indonesia menemui pimpinan dan anggota DPRD Kalimantan Selatan untuk menggali pemilihan kepala daerah atau pilkada di provinsi tersebut tahun 2018.

Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Burhanuddin bersama beberapa anggota legislatif tersebut menerima rombongan peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri Sekolah Staf Pimpinan Tinggi (KKDN SESPIMTI) Polri dengan supervisornya Brigjen Pol Joko Irianto di Banjarmasin, Senin.

Di hadapan perserta KKDN SESPIMTI Polri tersebut, secara umum Ketua DPRD Kalsel menyatakan, situsi dan kondisi politik menghadapi pilkada serentak seluruh Indonesia tahap III tahun 2018 hingga saat ini masih kondusif.

"Kita berharap, keadaan daerah yang sudah kondusif tetap terjaga hinggga pascapilkada, terutama kabupaten yang melaksanakan pilkada," lanjutnya usai pertemuan dengan peserta KKDN SESPIMTI Polri tersebut menjawab Antara Kalsel.

"Sebagaimana pada pilkada serentak seluruh Indonesia tahap I tahun 2015, dan tahap II tahun 2017 hingga pascapemilihan atau pelantikan kepala daerah keadaan Kalsel tetap kondusif," demikian Burhanuddin.

Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel empat di antaranya yang menggelar pilkada 2018, yaitu Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Pada yang menggelar pilkada tahap II Februari 2017 di Kalsel Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) serta Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang berbatasan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sedangkan yang melaksanakan pilkada tahap I Desember 2015 Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

Selain itu, dalam pilkada serentak seluruh Indonesia tahap I 2015 tersebut Kalsel juga memilih gubernur dan wakil gubernur provinsi setempat.

KKDN SESPIMTI Polri tersebut dengan topik "Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan yang Profesional, Modern, dan Terpercaya Melalui Revolusi Mental Guna Mengantisipasi Dampak Perkembangan Ekonomi Global Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional".

KKDN SESPIMTI Polri tersebut dengan menitikberatkan pada "Kesiapan Dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2018".

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017