Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tentang dana hibah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) HSS tahun 2018.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Senin (31/7), mengatakan dana hibah dari Pemkab HSS sudah disiapkan dan akan disalurkan secara bertahap sesuai dengan rincian kebutuhan biaya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten HSS  dan ketentuan yang berlaku.

"Fasilitasi untuk pengamanan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati HSS  pun juga sudah disiapkan dalam bentuk kegiatan yang ada pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait," katanya.

Ia menekankan agar  Pilkada harus betul-betul disiapkan dan dilaksanakan sesuai tahapan waktu yang telah disusun KPUD HSS, saat memberikan sambutan dalam penandatanganan NPHD antara Pemkab HSS dan KPUD HSS di Aula Ramu, Sekretariat Daerah HSS, Senin (31/7).

Dalam agenda demokrasi lima tahunan ini, menurut dia  posisi Pemkab  HSS akan memfasilitasi dan tidak mengintervensi, sehingga pelaksanaan Pilkada 2018 dapat berjalan demokratis, lancar dan kondusif agar warga HSS dapat menyalurkan aspirasi politiknya.

Jumlah dana hibah dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) HSS tahun anggaran 2017 dengan Rp20.659.426.456, disalurkan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama  Rp4.272.010.000, tahap dua  Rp1 milyar,  dan tahap tiga Rp15.387.416.456.

"Penggunaan dana hibah untuk membiayai pelaksanaan Pilkada tahun 2018 mulai dari tahapan persiapan dan penyelenggaraan hingga berakhirnya proses pemilihan,"katanya.

Penanda tangan NPHD dilakukan Bupati HSS dan Ketua KPUD HSS Imron Rosadi disaksikan Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Samahuddin Muharram,  dan dihadiri Anggota KPUD HSS, para kepala SKPD terkait, serta seluruh camat di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017