Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kepala Daerah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi  2017, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7).

Rakernas yang dihadiri para kepala daerah di seluruh Indonesia tersebut, dihadiri antara lain oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Mendag Enggartiasto Lukita.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, menyampaikan bahwa Rakornas Pengendalian Inflasi 2017 tersebut di buka langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Dikatakan, pada Rakornas tersebut ada tiga prioritas yang menjadi agenda, yaitu Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Pengendalian Inflasi, dan Penguatan Ketahanan Pangan dan Bidang Pertanian.

"Rakornas sendiri mengusung tema Mempercepat Pembenahan Efisiensi Tata Niaga Pangan Melalui Penguatan Infrastruktur dan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Kesejahteraan Rakyat", jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan, kunci mengelola ekonomi baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun di tingkat negara adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

"Penting sekali untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bagaimana menekan inflasi serendah-rendahnya," kata Presiden, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7), ujarnya.

Disamping itu disampaikan pula bahwa pada 2015 inflasi Indonesia berada di angka 3,35%. Kemudian di 2016 3,02% dan di kuartal satu berada pada angka kisaran 4%. Yang berarti Indonesia sudah mulai masuk ke era inflasi rendah di negara kita, pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017