Relokasi rumah sakit umum daerah H Badaruddin Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, mulai dilaksanakan dan untuk pembangunan tahap pertama dialokasikan dana Rp30 miliar.



Menurut Wakil Bupati Tabalong Muchlis, di Tanjung, ibu kota Tabalong, Minggu, relokasi rumah sakit mengambil tempat di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak, masih satu lokasi dengan pembangunan Islamic center.

"Proses pengerjaan sudah dimulai dan tahun ini merupakan pembangunan tahap pertama dengan alokasi dana Rp30 miliar," katanya.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD H Badaruddin Tanjung, Syarifuddin Baseri mengatakan pembangunan rumah sakit akan dilaksanakan selama tiga tahun anggaran dengan total dana sekitar Rp133,4 miliar.

"Pembangunan akan diselesaikan selama tiga tahun anggaran dengan total dana Rp133,4 miliar," kata Syarifuddin.

Lahan yang disiapkan oleh Pemkab Tabalong untuk pembangunan rumah sakit sekitar 8,8 hektare sudah dibebaskan.

Syarifuddin mengemukakan bahwa saat ini RSUD H Badaruddin Tanjung yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung, Kota Tanjung sudah tidak memungkinkan lagi untuk dikembangkan.

Menyusul lahan yang terbatas karena sudah terkepung oleh pemukiman penduduk sementara guna meningkatkan pelayanan perlu penambahan sejumlah fasilitas kamar perawatan dan ruang klinik.

Untuk pendapatan, RSUD H Badaruddin Tanjung menargetkan sekitar Rp15 miliar pada 2011 mengingat rumah sakit milik pemerintah daerah ini sudah memiliki pelayanan cuci darah. /mia/B


 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011