Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menargetkan 10.000 kunjungan wisatawan selama liburan Lebaran 1438 Hijriah di dua obyek wisata.

"Kunjungan di obyek wisata Pantai Gedambaan atau Sarang Tiung dan Air Terjun Tumpang Dua, kita tergetkan sekitar 10.000 orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotabaru, Khairian, di Kotabaru, Kamis.

Saat ini ujar Khairian, jumlah kunjungan wisata di dua obyek wisata tersebut diperkirakan sudah mencapai kisaran 9.000 wisatawan.

"Mudah-mudahan sisa liburan Lebaran ini target kunjungan yang dipasang itu bisa tercapai," jelasnya.

Ia mengemukakan, untuk mendukung terealisasinya kunjungan wisatawan tersebut, pihaknya mengisi kegiatan-kegiatan hiburan, dan atraksi di obyek wisata tersebut.

Tujuannya, adalah mengundang dan meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke "Bumi Saijaan" Kotabaru guna menikmati pesona alam daerah yang terkenal dengan Gunung Bamega-nya.

Selain menyajikan hiburan atraksi dan kegiatan lain, Disbudpar Kotabaru juga menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan, Kepolisian, TNI Angkatan Laut, serta Search and Rescue (SAR) untuk melakukan pengamanan, serta mengantisipasi terjadinya insiden pada pengunjung di pantai.

Ia berharap, pengunjung obyek wisata di Kotabaru bisa merasa lebih nyaman dan aman selama menikmati liburan di tempat wisata di daerah yang terkenal dengan makanan khasnya amplang.

Rian--sapaan akrabnya menambahkan, dengan pelayanan dan kenyamanan tersebut bisa meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan manca negara di Kotabaru di tahun-tahun mendatang.

Dibandingkan dengan tahun lalu, ujar Rian, kunjungan wisatawan ke Kotabaru meningkat sekitar 20 - 25 persen.

Saat ini Disbudpar Kotabaru terus berbenah, agar obyek wisata di Kotabaru semakin menjadi tujuan atau destinasi wisatawan domestik dan manca negara.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017