Rantau, (Antaranews Kalsel) - Selama lebaran 1438 Hijriah, Polsek Tapin Selatan Kabupaten Tapin, lebih memperbanyak waktu patroli untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).
     
Kapolsek Tapin Selatan Inspektur Satu Embang Pramono, di Rantau, Rabu, mengatakan ia bersama anggotanya lebih meningkatkan kewaspadaan selama libur lebaran dengan lebih memperbanyak patroli ke rumah-rumah masyarakat.
     
"Warga banyak yang mudik, sehingga banyak rumah yang kosong, sehingga kami selalu memantau agar kondisi kamtibmas aman dan terhindar dari tindak kriminal sperti pencurian," ujar Embang.
     
Dijelaskan Kapolsek, kalau hari biasa, ia menugaskan anggotanya untuk patroli setidaknya satu atau dua kali sehari, namun selama libur lebaran ini, saya tugaskan anggota untuk meningkatkan dengan tiga hingga empat kali sehari.
     
"Soalnya warga kami disini banyak pendatang, sehingga kalau musim lebaran kaya gini banyak yang mudik untuk berlebaran," terangnya.
     
Selain itu, ia juga terus berkordinasi dengan para aparat desa, sehingga apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera dilaporkan ke Polsek agar segera ditindak lanjuti.
     
Polsek Tapin selatan juga menyediakan rest area bagi para pemudik yang merasa kelelahan atau mengantuk saat diperjalanan.
     
"Kita juga menyediakan rest area bagi pemudik, kami menyediakan pemeriksaan kesehatan, minuman gratis, toilet, hingga kami juga menyediakan WIFI gratis," ujar Embang.
     
Kapolsek mengingatkan kepada para pemudik untuk lebih mengutamakan keselamatan diperjalanan, dan jangan memaksakan apabila merasa lelah atau mengantuk.
     
"Silahkan mampir ke rest area kami, dan silahkan beristirahan agar kondisi fit kembali dan siap melanjutkan perjalanan lagi," paparnya.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017