Banjarmasin, 21/6 (Antara) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan melakukan tes urine terhadap para pilot dan pramugari di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

"Semua pilot dan kru pesawat seperti pramugari dan kru laki-lakinya yang saat itu bertugas sebanyak 30 orang kami lakukan tes urine," kata Kabid Pemberantasan BNNP Kalsel AKBP Edy Saprianadi SH di Banjarbaru, Rabu.

Hasil pemeriksaan, ungkap Edy, kru pesawat maskapai penerbangan Garuda, Lion dan Wing Air terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan, hasilnya semua negatif mengandung narkoba.

Tak hanya kru pesawat, anggota BNNP Kalsel yang turut dibantu petugas BNN Kota Banjarbaru dari Seksi Pemberantasan, Seksi P2M, dan Seksi Rehabilitasi juga melakukan pemeriksaan sejumlah petugas bandara. Di antaranya terhadap karyawan Ground Handling dan Teknik Bandara Syamsudin Noor berjumlah 64 orang, terdiri dari 62 laki-laki dan dua orang perempuan.

Namun sama seperti kru pesawat, hasil tes urine petugas di area bandara tak ditemukan yang menggunakan narkoba.

Edy mengungkapkan, tes urine akan terus digelar secara acak dan tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk mengetahui ada tidaknya penggunaan Narkoba oleh kru penerbangan dan juga petugas bandara.

"Kegiatan itu juga bertepatan dengan momen mudik Lebaran, jadi kami ingin memastikan keselamatan penumpang pesawat udara dengan tidak adanya pilot mengkonsumsi Narkoba sebelum terbang," tuturnya. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017