Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Empat dari 28 buah Puskesmas di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Puskesmas Dirgahayu, Puskesmas Sebatung, Puskesmas Kotabaru dan Puskesmas Berangas, mendapat akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Hj Ernawati, Sabtu, menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Surveryor Akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI yang telah memberikan akreditasi kepada empat puskesmas tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru H Said Akhmad, dalam ramah tamah dengan tim surveryor Kemenkes di Kotabaru mengaku gembira dan terima kasih kepada ketua tim, Dr Sucipto dan rombongan atas penilaian dan akreditasi puskesmas di Kotabaru.

"Ditengah sibuknya puskesmas yang memohon untuk diakreditasi, malam hari ini akan menjadi hari bersejarah bagi label puskesmas kami. Apapun yang di dapat dari hasil penilaian tim surveryor kementerian kesehatan adalah cambuk bagi kami untuk terus memacu peningkatan puskesmas di Kotabaru," kata Said.

Menurutnya, terkait dengan akreditasi tersebut, penilaian tidak saja dari sisi kualitas pelayanan, tetapi juga kualitas sumber daya manusianya, sarana kesehatannya, tetapi implementasi penggunaan sarana prasarana yang sudah di siapkannya.

Dengan hadirnya akreditasi ini lanjut dia, diharapkan masyarakat tahu persis tentang keberadaan kinerja puskesmas, bukan janji manis pada saat penerimaan pasien saja, tetapi keberadaan hakikat kinerja puskesmas itu sendiri.

"Sekali lagi harapan saya dan kita bersama bahwa dengan akreditasi ini dapat membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu puskesmas, rencana kedepannya menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi untuk selanjutnya di jadikan sebagai motivasi peningkatan mutu puskesmas yang lebih kompetitif," jelasnya.

Dalam acara yang dihadiri anggota DPRD provinsi Kalimantan Selatan, Tim Surveryor Kemenkes, perwakilan Kodim 1004 Kotabaru, Perwakilan Polres Kotabaru, Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Forkopinda dan seluruh kepala Puskesmas yang ada di Korabaru juga dilakukan penandatanganan dukungan atas raihan akreditasi  puskesmas pada sebuah baliho.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hj Ernawati menambahkan, sesuai peraturan pemerintah pusat, pada 2019 semua puskesmas harus sudah terakreditasi, sehingga diharapkan, setelah yang empat, akan menyusul puskesmas lainnya juga mendapat akreditasi.         

"Insya Allah pada tahun 2019 nanti akan terakreditasi semua, karena sesuai peraturan pemerintah pusat semua puskesmas pada tahun 2019 harus terakreditasi semuanya," kata Ernawati.

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017