Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pimpinan sektor pembentukan pasukan kirab bendera pusaka (paskibraka) yang bertugas pada peringatan HUT RI mengagendakan pelaksanaan Apel Akbar Kebangsaan 2017 yang melibatkan paskibraka pusat dan daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal di Jakarta, Kamis mengatakan Apel Akbar Kebangsaan ini merupakan puncak berkumpulnya paskibraka setelah menjalankan tugas pada peringatan HUT RI baik ditinggal nasional maupun daerah (provinsi).

"Kondisi bangsa saat ini perlu sentuhan lain yaitu mengobarkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Maka sebagai pemuncaknya akan dilakukan Apel Akbar Kebangsaan," katanya.

Selama ini, paskibraka setelah menjalankan tugasnya sebagai pembawa dan pengibar bendara pada HUT RI langsung mendapatkan tugas sebagai Duta Wisata atau Duta Belia untuk mempromosikan Indonesia ke luar negeri, sedangkan untuk daerah mengenalkan daerah yang satu ke daerah yang lain.

Jonni Mardizal menambahkan, meski pelaksanaan Apel Akbar Kebangsaan akan digelar, namun belum menetapkan waktu dan lokasi kegiatan yang baru pertama kali digelar itu.

Terkait dengan perekrutan paskibraka, Jonni memang memberikan kebebasan daerah untuk melakukan rekrutmen dan menentukan siapa yang dikirim menjadi perwakilan masing-masing provinsi. Hanya saja, pihak Kemenpora meminta daerah mengirim wakil yang berkualitas.
"Tahun ini kewenangan daerah diperkuat untuk menentukan pola rekrutmen hingga penentuan wakil untuk paskibraka nasional. Paskibraka merupakan produk, kebanggaan dan salah satu program unggulan Kemenpora. Untuk itu harus kita sukseskan bersama," kata Jonni menerangkan.

Sementara itu, Ketua Umum  Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PP-PPI) Gousta Feriza mengaku sangat mendukung program Apel Akbar Kebangsaan karena kegiatan tersebut bisa dijadikan ajang berkumpulkan paskibraka dari seluruh Indonesia dengan sasaran utama menggelorakan semangat persatuan dan setia pada NKRI.

"Setelah kami menyimak perjalanan paskibraka baik pusat maupun daerah, ada kebutuhan mendasar saat ini yaitu kesetiaan pada NKRI dimana tidak cukup hanya dua perwakilan. Untuk tahun ini kita menggagas berkumpul paskibraka seluruh provinsi dalam Apel Akbar Kebangsaan," katanya.

Terkait dengan lokasi Apel Akbar Kebangsaan, Gousta Feriza mengusulkan beberapa tempat yaitu Cibubur yang selama ini digunakan untuk pembinaan, Monas dan bila memungkinkan dan diizinkan digelar di Istana Kepresidenan./f

Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017