Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membakar semangat warga Kabupaten Kotabaru saat peringatan Hari Jadi ke-67 kabupaten tersebut guna mengisi pembangunan demi tercapainya kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

"Bergerak, bergerak, berjuang, berjuang, majulah, majulah menang, Kotabaru! Yes." pekik Paman Birin-sapaan akrab gubernur, dalam sambutannya di hadapan hadirin pada puncak peringatan hari jadi, bertempat di Lapangan Siring Laut Kotabaru, Kamis (1/6).

Dikatakan gubernur, peringatan hari jadi yang bertepatan dengan bulan Ramadhan tahun ini, menjadikan sesuatu yang istimewa bagi Kotabaru, karena berada di bulan yang penuh berkah.

Jangan hanya menjadi kegiatan seremonia semata yang tiap tahun digelar peringatan hari jadi, tapi di bulan yang berkah ini menjadi momentum tepat bagi untuk bermunajad dan berdoa kepada Alloh SWT demi kemajuan Kotabaru.

Menurut gubernur, arti pentingnya hari jadi ini, semakin mendorong bagi pemerintah daerah dalam mendorong kemajuan daerah, mencapai cita-cita rakyat, salah satunya terwujudnya pembangunan Jembatan Pulaulaut.

Kabupaten Kotabaru bagi gubernur, bukan daerah yang `asing` karena di masa kecilnya pernah hidup dan dibesarkan di daerah yang biasa disebut Bumi Saijaan. Tepatnya di Desa Rampa, ia mengaku kerap bermain di kolong rumah warga sembari mencari tambayangan (kerang-Red).

"Bersama kawan-kawan, semasa kecil kami sering bermain dengan perahu kecil berlayar plastik, bahkan hingga ke tengah laut," tutur gubernur mengenang masa kecilnya di hadapan hadirin terdiri seluruh bupati walikota se Kalsel dan sejumlah pejabat Forkopinda.

Lebih lanjut Paman Birin mengajak kepada segenap masyarakat Kotabaru untuk bahu membahu bersama kepala daerah setempat yang baru saja menjabat selama satu tahun ini dalam membangun Bumi Saijaan.

Kotabaru merupakan daerah yang dikaruniai Alloh SWT berupa sumber daya alam yang begitu berlimpah, seperti perkebunan, palawija, kelautan dan perikanan.

"Semua itu harus disyukuri, caranya dikelola secara benar, dikembangkan dan ditingkatkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya," ujar gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga berkesempatan menyampaikan sebuah pantun dalam sambutannya. "Anak nelayan mendayung ke tengah lautan, Insya Alloh Kotabaru akan maju, karena rakyatnya rukun dalam pebedaan".

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017