Kotabaru, - Pemkab Kotabaru melalui kepemimpinan H Sayed Jafar-Burhanuddin menargetkan pembenahan tiga daerah tujuan wisata dalam rangka pengembangan sektor pariwisata di "Bumi Saijaan".

"Tiga tempat jadi tujuan wisata tersebut, yakni Pantai Gedambaan Sarang Tiung, Taman Kota Siring Laut, dan Kawasan Hutan Meranti di Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulaulaut Utara," kata Bupati.

Pemkab Kotabaru akan melakukan pembenahan, fokus dalam peningkatan dan pembangunan infrastruktur khususnya jalan guna menunjang tercapainya target tersebut.

Pembenahan tiga daerah tujuan wisata itu sebagaimana visi dan misi bupati dalam kepemimpinannya lima tahun ke depan, termasuk yang menjadi perhatian yakni peningkatan agrobisnis dan pariwisata.

Khusus di lokasi wisata Pantai Sarang Tiung, akan dibuat pelabuhan berbentuk sayap burung dan sarana pendukung lainnya. Sehingga selain alam menambah bagus, diharapkan mampu menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke daerah itu.

APBD Kotabaru 2017, ada dua lokasi yang akan dikembangkan, yakni kawasan Siring Laut dan ikon wisata Pantai Sarang Tiung.

Untuk pengembangan destinasi tersebut dialokasikan dana sebesar Rp12 miliar, dengan pembagian untuk kawasan Siring Laut sebanyak Rp7 miliar dan Rp5 miliar diarahkan ke Sarang Tiung.

Sayed Jafar juga menargetkan tahu 2018 akan membenahi Tanjung Kunyit, di daerah selatan Pulaulaut, untuk menjadi daerah tujuan atau destinasi wisata bahari.

Agar menjadi destinasi wisata bahari di bagian selatan Pulaulaut, pemerintah daerah akan membangun jembatan gantung yang menghubungkan desa satu dengan yang lain.

Selain sebagai sarana transportasi, pembangunan jembatan gantung di Teluk Tamiang, Tanjung Kunyit tersebut didesain memiliki nilai estetika sehingga menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017