Rantau, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Tapin boleh berbangga dengan sosok Abdi Jaya Solihin (24) pemuda tani asal Desa Harapan Masa Kecamatan Tapin Selatan.


Pemuda yang lahir di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah tahun 1992 tersebut lahir dari kalangan keluarga petani, dan Abdi pun akan membawa harum nama Kabupaten Tapin di "Negeri Sakura" Jepang.

Dikatakan Abdi, bahwa, ia satu-satu pemuda tani yang akan mewakili Kalimantan untuk magang pertanian holtikultura di jepang selama dua tahun.

"Alhamdulillah setelah berhasil melalui empat kali seleksi, akhirnya saya terpilih mewakili Kalimantan untuk magang di Jepang dibidang pertanian holtikultura," ujarnya, Rabu (23/5).

Dijelaskan pemuda yang dari kecil sudah mencintai dunia pertanian tersebut, bahwa, keberhasilannya dalam melalui seleksi-seleksi oleh tim verifikasi Kementrian Pertanian berkat keuletannya mendalami pertanian dan dukungan kedua orang tuanya.

"Dari kecil saya sudah diajarkan oleh orang tua untuk bertani dan ditambah dengan pendidikan SMK Pertanian membuat saya lebih mencintai ilmu pertanian tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan dan kesempatan Abdi Jaya Solihin dalam menimba ilmu pertanian di Jepang mewakili Kalimantan.

"Setelah pulang dari magang nanti, langsung akan kita tampung guna menjadikan pertanian di Tapin lebih baik dan maju lagi," ujar Bupati.

Bupati pun berharap, sosok pemuda tani Abdi Jaya bisa menjadi contoh dan menjadi motivasi bagi pemuda lainnya untuk tidak malu menjadi seorang petani.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017