Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - PT Astra Internasional Tbk mengapresiasi pengembangan Rumah Pintar Tunas Harapan Kabupaten Hulu Sungai Utara, dengan memberikan penghargaan sebagai pemenang utama untuk kategori rumah pintar swadaya masyarakat. pada HUT PT. Astra Internasional Tbk ke-60 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang sudah bekerja sama mengembangan rumah pintar, tanpa kerja sama sejumlah SKPD terkait tentu sulit untuk mengembangkan rumah pintar ini," ujar Bunda PAUD HSU Anisah Rayidah Wahid, di Amuntai, Senin.

Anisah Rayidah Wahid menyatakan sangat bangga atas keberhasilan Rumah Pintar (Rumpin) Tunas Harapan meraih pengharagaan pemenang utama dalam Apresiasi Astra untuk Indonesia Cerdas 2017 tersebut.

Latar belakang pengembangan Rumpin Tunas Harapan adalah agar menjadi model atau percontohan bagi lembaga pendidikan serupa di Kabupaten HSU dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran dan sumber daya manusia (SDM) serta menjadi pusat pembelajaran dan kreativitas untuk membantu pengembangkan bakat dan kreativitas anak.

Pengembangan Rumpin, lanjutnya, berdasarkan hasil studi pembelajaran keberbagai daerah sebagai wujud keseriusan Pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Bunda PAUD dalam mewujudkan Rumpin yang berkualitas.

Ketua Rumpin Tunas Harapan, Lailatanur Raudah mengatakan hingga saat ini sudah terdapat lima sentra di rumah pintar yang bisa menjadi tempat pembelajaran dan pelatihan bagi warga masyarakat yakni sentra bermain dan permainan, sentra komputer, sentra panggung / audio visual, sentra buku dan sentra kriya. 

“Untuk kegiatan lainnya adalah pendidikan berkelanjutan dengan materi keterampilan untuk perempuan dengan memanfaatkan bahan lokal, seperti membuat kue dan kerupuk, juga dilaksanakan kerjasama dengan beberapa SOPD dalam menggelar kegiatan story telling, lomba bercerita, mewarna dan menggambar,” katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017