Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rierin Nadjmi Adhani menggalakan Gerakan Masyarakat Makan ikan atau Gemarikan.


"Kami mengajak seluruh masyarakat terutama ibu-ibu untuk ikut bersama-sama menggalakkan program Gemarikan diawali dilingkungan keluarga," ujarnya di Kota Banjarbaru, Rabu.

Pernyataan istri Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani itu disampaikan di sela-sela lomba masak serba ikan di UPTD Balai Benih Ikan diikuti pengurus PKK tingkat kecamatan dan kelurahan di kota itu.

Menurut dia, Gemarikan merupakan program yang bagus dalam upaya untuk meningkatkan kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan baik ikan air tawar maupun ikan hasil laut.

"Hasil berbagai penelitian, daging ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol. Bahkan beberapa jenis ikan tertentu memiliki kandungan omega 3," ungkapnya.

Selain itu, daging ikan mengandung asam lemak tidak jenuh (epa), kalsium, yodium dan dha yang sangat diperlukan tubuh sehingga mempercepat proses pertumbuhan terutama bagi anak-anak.

"Ikan juga membantu pembentukan sel otak atau kecerdas�an anak, mampu mencegah penyakit jantung koroner dan gondok, menghilangkan� kekakuan pada persendian tulang," katanya.

Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi ibu-ibu dalam menyajikan masakan berbahan dasar ikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

"Kebutuhan gizi keluarga terutama anak-anak balita harus diperhatikan karena sangat baik bagi kesehatan dan kecerdasan dan proses tumbuh kembang mereka," kata dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Banjarbaru M Rustam mengharapkan, lomba cipta menu serba ikan mampu menciptakan menu yang menjadi kuliner andalan.

"Harapan kami, selain meningkatkan kreasi pengolahan masakan berbahan ikan juga mampu menciptakan kuliner baru yang digemari," ujarnya didampingi Sekretaris Arnawati Supiatin. 

Pewarta: Oleh Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017