Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kegiatan Operasi Terpusat Patuh Intan 2017, di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Balangan  akan dilaksanakan selama 14 hari.

Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni, melalui Wakapolres Balangan, Kompol Renaldo mengatakan, kegiatan Operasi Terpusat Patuh Intan 2017 dimulai sejak Selasa (9/5) hingga Senin (22/5) di berbagai lokasi di Indonesia, bukan hanya di "Bumi Sanggam" saja.

Dikatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan agar masyarakat Balangan menjadi masyarakat yang sadar hukum, khususnya dalam hal berlalu lintas baik di wilayah Balangan maupun di wilayah lainnya di luar Balangan.

"Kita berharap warga Balangan maupun yang melintasi Bumi Sanggam ini agar patuh berlalu lintas, karena kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas merupakan faktor utama keselamatan dalam berkendara," jelasnya.

Dijelaskan, operasi ini juga dalam rangka menyongsong datangnya bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di seluruh Indonesia. Di mana Polri nantinya juga akan menggelar Operasi Ramadniya atau Operasi Ketupat.

Sebelumnya, Senin (8/5) Wakapolres Balangan, Kompol Renaldo bersama seluruh personil yang terlibat dalam operasi Kepolisian Terpusat Patuh Intan 2017 telah melaksanakan kegiatan perencanaan di ruang Patriatama Polres, serta melakukan simulasi Pra Operasi di Halaman Mapolres setempat dengan di pimpin oleh Kasat Lantas AKP R Sudarto.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakapolres Balangan Kompol Renaldo dihadiri oleh para Kabag, Kasat dan Kasi Polres Balangan, ditambah para Kanit dari Satuan Lalu Lintas Polres Balangan, dan berlangsung lancar.

Renaldo mengungkapkan, perencanaan pra operasi ini bertujuan untuk menentukan langkah-langkah dalam memaksimalkan hasil selama pelaksanaan Operasi Terpusat Patuh Intan 2017 yang akan dimulai pada tanggal 09 Mei 2017 hingga 22 Mei 2017 dengan melibatkan personel sebanyak 30 orang. 

"Bahkan sebelum resmi diberlakukan operasi Kepolisian Terpusat Patuh Intan 2017, Satuan Lantas Polres Balangan melakukan Giat Preemtif sosialisasi di radio Balangan terkait operasi Patuh Intan 2017 di Balangan," ujarnya.

Sosialisasi dengan dialog interaktif pemberlakuan operasi Patuh Intan 2017 ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Balangan AKP R Sudarto dan didampingi oleh Kanit Dikyasa Brigadir Azhar pada Senin (8/5) pukul 09.00 wita.

"Dengan upaya ini, diharapkan warga masyarakat dapat mengetahui secara awal tentang Operasi Terpusat Patuh Intan 2017 ini. Yang tidak lain tujuan nya untuk menjangkau segala lapisan masyarakat Kabupaten Balangan mengenai gelar Operasi Terpusat patuh intan 2017," sampainya.

Ia menambahkan, agar masyarakat pengguna kendaraan bermotor, dapat melakukan pengecekan kembali surat menyurat kendaraanya baik itu SIM maupun STNK serta kelengkapan lainnya seperti spion, lampu utama, lampu stop, lampu tanda berbelok dan lain sebagainya demi keselamatan bersama.

"Kegiatan ini akan kita terapkan dan upayakan untuk menyentuh berbagai wilayah di "Banua Sanggam" bukan hanya di wilayah perkotaan saja, namun akan menyentuh wilayah kecamatan," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017