Balangan, (Antaranews Kalsel) - Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, terendam banjir setinggi kurang lebih 30 centimeter akibat hujan deras selama enam jam.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, Muhammad Syuhada, di Balangan, Senin, mengatakan hujan sejak Minggu (7/5) hingga Senin (8/5) sekitar pukul 04.00 wita, mengakibatkan air Sungai Batang meluap sekitar pukul 07.30 wita, sehingga menggenangi desa Baruh Panyambaran.

Data sementara korban genangan air di Desa Baruh Panyambaran, RT 02 sebanyak tujuh Kepala Keluarga (KK) atau 20 jiwa terendam hingga ke dalam rumah, dan 55 KK atau 175 jiwa terendam ringan, serta satu buah Sekolah Dasar.

Kemudian untuk RT 01, sebanyak 12 KK atau 38 jiwa terendam hingga ke dalam rumah, dan 12 KK atau 43 jiwa terendam ringan.

Sementara itu pihak BPBD, Tagana dan Polres Balangan, telah siaga dilokasi untuk membantu warga yang terkena musibah luapan air sungai tersebut.

Muhammad Syuhada memperingatkan, agar warga yang bermukim di pinggiran sungai atau di wilayah rawan rendaman air luapan sungai, agar tetap bersiaga.

"Air diperkirakan mulai turun ke wilayah hilir sungai, yaitu Kecamatan Paringin dan Lampihong, sekitar sore hari hingga malam hari, dan jika hujan kembali turun bisa saja beberapa desa rawan banjir juga akan terendam," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017