Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan penilaian di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, untuk meninjau langsung kondisi wilayah ini dan mencocokkan dengan data yang diterima.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong Hormansyah di Tanjung, Jumat mengatakan, di Provinsi Kalsel hanya Kabupaten Tabalong dan Hulu Sungai Utara yang menjadi calon kabupaten layak anak.

"Tim dari KPPPA pusat melakukan penilaian atau verifikasi sejak 4 sampai 6 Mei 2017 untuk melihat langsung kondisi di Tabalong sebelumnya ditetapkan sebagai kabupaten layak anak," jelas Hormansyah.

Pemerintah Kabupaten Tabalong sendiri sudah mempersiapkan sarana dan prasarana guna mendukung program ini diantaranya puskesmas dan sekolah layak anak masing-masing di Kelurahan Hikun dan SD Negeri 4 Belimbing Kecamatan Murung Pudak.

Termasuk membentuk Forum Anak di empat kecamatan dan selanjutnya delapan kecamatan juga akan membentuk forum yang sama guna mewujudkan kabupaten layak anak.

Selaku koordinator tim Hamid Patlima mengatakan pemerintah daerah punya kewajiban untuk menyiapkan ruang atau infrastruktur bagi kenyamanan anak karena itu masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah punya tanggungjawab yang sama.

"Tim akan melakukan klarifikasi di lapangan dan melihat langsung kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung program kabupaten layak anak," jelas Hamid.

Sementara itu Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyambut baik kedatangan tim verifikasi dari KPPPA pusat serta menegaskan sejak awal kepemimpinannya sudah berkomitmen untuk membentuk kabupaten yang layak anak.

"Sejumlah fasilitas umum dan infrastruktur yang kita bangun sejak awal masa kepemimpinan saya dan Wakil Bupati memang berkomitmen bisa dukung program layak anak," jelas Anang.

Diantaranya Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Tanjung Bersinar di jalan raya Mabuun Kecamatan Murung Pudak yang juga menyediakan sarana bermain dan edukasi bagi anak-anak.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017