Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan membentuk tim penyampai informasi Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), kecamatan dan Badan Usaha Milik Daerah di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Banjar Farid Soufian di Martapura, Kamis mengatakan pembentukan tim sesuai keinginan Bupati Banjar Khalilurrahman.

"Bupati ingin seluruh informasi dan program-program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Banjar melalui SOPD, kecamatan dan BUMD bisa lebih mudah diketahui masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap SOPD maupun kecamatan dan BUMD memiliki kewajiban menyampaikan informasi kerja kepada masyarakat sehingga diketahui kinerja dan program yang dijalankan.

Disebutkan, setiap informasi bisa disampaikan melalui berbagai media seperti koran, televisi, radio, website hingga media sosial yang dikelola oleh Diskominfostandi Kabupaten Banjar.

"Seperti keinginan bupati agar setiap informasi pembangunan disampaikan atau diinformasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui bahwa kita bekerja dan membangun," ucapnya.

Menurut dia, pihaknya sudah memilih 35 orang petugas penyampai informasi yang berasal dari SOPD, kecamatan dan BUMD se kabupaten Banjar sehingga bisa menjalankan tugas-tugasnya.

"Mereka diberikan tugas sebagai penyampai informasi dari lingkup SOPD, kecamatan dan BUMD sehingga setiap informasi bisa disampaikan secara luas kepada masyarakat," ujarnya.

Ditekankan, selain setiap informasi bisa diketahui masyarakat, disisi lain apa yang menjadi kebutuhan daerah juga bisa disampaikan ke pusat sehingga bisa mendapat perhatian.

"Pemerintah pusat banyak memiliki dana pembangunan yang siap disalurkan untuk daerah, namun mereka kurang mendapat informasi tentang kebutuhan daerah," kata dia.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfostandi Banjar Heru Pitaya mengatakan, petugas penyampai informasi menginformasikan masing-masing instansinya.

"Informasi baik rilis berita, foto atau pun video akan diedit tim di Diskominfo Kabupaten Banjar termasuk laporan suara yang bisa disebarkan melalui radio milik pemerintah," ujarnya.

Ditambahkan, selain media cetak, juga ada Intan TV dan Radio Swara Banjar sehingga tim penyampai informasi bisa memanfaatkan media tersebut untuk menyampaikan pembangunan.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017