Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kantor Wilayah Kementeriaan Agama Provinsi Kalimantan Selatan menyebutkan tinggal 426 calon jamaah haji yang mendapat giliran berangkat ibadah haji tahun 2017 belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari kuota haji sebanyak 3.831 orang.


"Tahap pertama pelunasan BPIH tinggal dua hari lagi yakni sampai tanggal 5 Mai, kita harap tercapai kuota," kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi saat menghadiri rapat pembahasan penetapan alokasi pelaksanaan anggaran operasional haji di Banjarmasin, Rabu.

Menurut dia, tahap pertama pelunasan BPIH ini dari tanggal 10 Maret hingga 5 Mei sudah jauh-jauh hari disosialisasikan dan surat resmi ke orang yang bersangkutan mendapat giliran berangkat tahun 2017.

"Karena sudah tahu saja semuanya, tidak lagilah di surat-surati atau didatangi rumahnya untuk segera melunasi BPIH, tentunya yang belum ini ada alasannya, bisa membatalkan karena tidak ada biaya atau sakit dan semacamnya," papar Noor Fahmi.

Calon jamaah haji yang tidak bisa melunasi BPIH tahap pertama ini maka keberangkatannya diundur ke tahun mendatang.

Untuk pelunasan BPIH tahap kedua yang dijadwalkan pada 22 Mei sampai 2 Juni akan dilakukan oleh kelompok berbeda yakni bagi yang gagal sistem, yang sudah haji, penggabungan mahram dan lansia dengan pendampingnya.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kalsel H Syukeriansyah menyatakan ada calon jamaah haji cadangan yang sudah siap menggantikan ketidaksiapan berangkat pada pelunasan BPIH tahap pertama tersebut sekitar 180 orang.

"Jadi kita yakin saja kuota haji kita terpenuhi semuanya," tuturnya.

Syukeriansyah mengaku setiap tahunnya selalu ada terjadi ratusan calon jamaah haji yang batal berangkat karena tidak bisa melunasi BPIH terutama pada tahap pertama, sehingga persiapan penggantinya dilakukan.

"Sebagaimana sekarang inikan, tertanggal 3 Mei pelunasan BPIH tahap pertama yang kita pantau masih sebanyak 426 orang yang belum melunasi, kita harap dalam dua hari ini akan banyak yang melunasi," paparnya.

Bagi calon jamaah haji yang sudah melunasi BPIH, pesannya, agar terus menjaga kesehatan jasmani dan rohani, juga mengikuti jadwal-jadwal manasik haji yang sudah ditetapkan.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017