Balangan (Antaranews Kalsel) - Pemkab Balangan, Kalimantan Selatan, memberangkatkan 45 orang perwakilan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) XV di Provinsi Aceh.


Bupati Balangan H Ansharuddin, di Balangan, Selasa, mengatakan sepulangnya dari Penas di Banda Aceh, peserta KTNA Balangan yang berangkat diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap pertanian secara keseluruhan.

"Untuk itu, para peserta harus bisa menggali ilmu pertanian baru agar bisa membawa pengalaman baru bagi petani di daerah," katanya.

Ia juga berharap peserta yang telah mengikuti Penas XV di Provinsi Aceh bisa mendukung Balangan dalam mewujudkan ketahanan, dan kedaulatan pangan menuju petani yang sejahtera, hebat dan terdepan.

"Saya yakin, dengan keikutsertaannya KTNA Balangan di Penas, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan profesionalisme petani dan kemajuan pertanian secara keseluruhan," ujarnya.

Apalagi lanjutnya, kegiatan Penas ini dikenal sebagai wadah kegiatan belajar dan mengajar bagi sesama peserta petani untuk saling tukar menukar informasi, serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara petani, bahkan bisa juga dengan peneliti atau penyuluh serta skala besar dengan pihak swasta.

"Gunakanlah serta manfaatkanlah kesempatan di kegiatan Penas KTNA ini sebagai wadah menambah pengalaman dan ilmu, untuk kita bawa dan terapkan demi kemajuan pertanian di Balangan," pesannya.

Sementara itu, dalam Penas XV di Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, yang akan diselenggarakan pada 6-11 Mei 2017, Pemkab Balangan memberangkatkan kontingen sebanyak 45 orang, 37 orang di antaranya peserta utama.

Keberangkatan kontingen "Bumi Sanggam" pada ajang dua tahunan tersebut, dilepas Bupati Balangan H Ansharuddin, disaksikan Kepala Dinas Pertanian setempat Tuhalus serta Sekda kab Balangan, H Ruskariadi.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017