Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, menggelar kegiatan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam 1438 Hijriah sebagai upaya memaknai kembali hikmah dari peristiwa tersebut.

Bupati H Ansharuddin, di Balangan, Kamis, mengatajkan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam ini sesungguhnya memiliki makna yang hakiki, khususnya bagi kaum muslimin untuk selalu menyadari keberadaan dirinya sebagai hamba Allah.

"Kita mesti senantiasa berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta bersyukur terhadap berbagai nikmat yang telah dilimpahkan," katanya.

Selain mengagendakan doa bersama, shalawat, serta tausiah agama dari ulama besar dan terkenal serta pimpinan pondok pesantren Nurul Muhibbin Guru KH Muhammad Bakhiet atau sering juga di panggil Guru Bakhiet.

Menurut Bupati, kepedulian kita terhadap syiar Islam sebagaimana yang dilakukan dengan menyemarakkan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat lebih menyadarkan diri kita bahwa betapa sangat kecilnya amal yang telah kita lakukan, baik untuk agama maupun bangsa dan Negara. 

Oleh penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat turut memberikan implikasi terhadap terbangunnya sikap dan perilaku kesalehan sosial, khususnya bagi para aparatur Pemerintah Daerah.

Bupati sendiri turut mengingatkan kembali bahwa peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW hendaknya tidak menjadi kegiatan seremonial keagamaan berulang yang tanpa makna, melainkan terdapat banyak hikmah yang dapat diperoleh untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 

"Hikmah dimaksud tentunya merupakan tuntunan terbaik bagi kaum muslimin guna meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat," pesannnya.

Oleh karena itu, Bupati H Ansharuddin kembali mengajak seluruh masyarakat Balangan untuk menjadikan momentum peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sebagai media untuk mewujudkan sikap dan perilaku kesalehan sosial, yang memiliki korelasi erat dengan kejujuran, komitmen social, etos kerja, sebagai ciri insan yang agamis.

"Tentunya pencapaian tersebut akan sangat mendukung terhadap upaya peningkatan semangat kebersamaan, silaturahmi, serta persatuan dan kesatuan sebagai pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tambahnya.

Usai sambutan Bupati dilanjutkan Tausiah yang disampaikan Guru KH Muhammad Bakhiet, beliau menyampaikan Sholat merupakan kunci kesuksesan dan kebahagiaan bagi setiap muslim. 

Begitu pentingnya ibadah sholat, maka Allah telah menurunkan perintah untuk melaksanakan sholat secara langsung melalui peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 

Hal ini berbeda dengan ibadah-ibadah lain yang perintahnya melalui perantara Malaikat Jibril seperti halnya zakat, puasa, haji dan lain-lain.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Akbar, dihadiri oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli , Ketua TP. PKK Balangan, Ketua GOW dan Dharma Wanita, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama/habib, Tokoh Pemuda dan masyarakat Kabupaten Balangan. Juga dihadiri ratusan jemaah masjid Al Akbar serta ratusan jemaah majelis ta’lim Nurul Muhibin.



Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017