Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, membuka  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Selain itu, juga dilaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Literasi Siswa Naional (OLSN) jenjang SD dan SMP tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun 2017, Rabu (26/4) pukul 14.30 Wita.

Rangkaian acara pembukaan O2SN,OSN,FLS2N dan OLSN tingkat Kabupaten HSS diawali dengan deviley kontingen peserta yang dimulai drumband SMPN 2 Padang Batung dan diakhiri kontingen SMPN 2 Angkinang.

Pembukaan ditandai  dengan pelepasan balon oleh Bupati HSS sebagai tanda dimulainya O2SN, OSN, FLS2N dan OLSN.

Kepala Dinas Pendidikan HSS, Nordiansyah, mengatakan  kegiatan seleksi ini digelar untuk  memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun  2017 sekaligus menyeleksi calon peserta terbaik dari Kabupaten HSS yang akan bertarung di tingkat Provinsi Kalsel dan selanjutnya akan diperlombakan kembali di tingkat Nasional.

Untuk tingkat pelajar SMP ada 4 kegiatan yang akan dilombakan yakni O2SN dengan 8 cabang lomba yaitu atletik, renang, bulu tangkis, karate, pencak silat, tenis meja, catur dan futsal.

OSN ada 3 cabang lomba yakni IPA, IPS dan Matematika. Untuk FLS2N ada 9 cabang lomba yakni gitar solo, musik tradisonal, tari, nyanyi solo, cipta dan baca puisi, lukis, desain poster dan desain motif batik. untuk OLSN ada 3 cabang lomba yakni debat bahasa indonesia, story telling, cipta cerpen.

Sedangkan tingkat SD ada 2 kegiatan lomba yakni O2SN dan FLS2N. Untuk O2SN terdiri dari 8 cabang lomba yakni atletik, tenis meja, catur, bulu tangkis, renang, pencak silat, karate dan bola voly.

Sementara untuk FLS2N terdiri dari 8 cabang lomba yakni nyanyi solo, cerita bergambar, pidato, puisi, pianika, pantonim, kriya anyam dan seni tari.

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan menjadi ajang menunjukan perestasi yang terbaik serta akan muncul para atlet-atlet yang akan berlaga di masa yang akan datang.

"Ajang ini merupakan persiapan sejak dini anak-anak SD dan SMP termasuk kegiatan–kegiatan yang bersifat sains",ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati H.Ardiansyah, Ketua KONI HSS Zainal beserta pengurus, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS beserta jajaran, para Kepala OPD, para Kepala SMP dan SD se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017