Jambi, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan Bukit Khayangan di Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, menjadi prioritas untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata di daerah itu.

"Bukit Kayangan ini akan menjadi prioritas untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata, bisa kita lihat potensi Bukit Khayangan ini sangat besar untuk menarik wisatawan, nanti kami akan bangun infrastrukturnya secara bertahap," katanya di Sungaipenuh, Senin.

Zola menyebutkam Kota Sungaipenuh memiliki beberapa potensi wisata untuk dikembangkan, tetapi dengan keterbatasan dana yang ada, tidak mungkin untuk dibangun semua, jadi harus difokuskan untuk satu wilayah.

Menurutnya untuk membangun Bukit Khayangan sebagai destinasi wisata akan dikaji lebih lanjut melalui proposal yang telah diajukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sungaipenuh melalui Wali Kota Sungaipenuh kepada gubernur.

"Dikaji dan dipelajari lebih lebih dalam tentang pembagian kewenangan yang mana kewenangan pemerintah kota, provinsi dan pusat untuk membangun Bukit Khayangan," katanya menjelaskan.

Gubernur berharap dengan dijadikannya Bukit Khayangan sebagai destinasi wisata, harus menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Sungaipenuh.

Sementara Wali Kota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri mengatakan bahwa wilayahnya merupakan bagian integral dari Kabupaten Kerinci yang ditetapkan sebagai destinasi wisata nasional dan bagian strategis dari pengembangan destinasi wisata.

"Kota Sungaipenuh memiliki banyak destinasi wisata antara lain Taman Bunga Bukit Senang, Jembatan Kerinduan, Air TerjunTiga Beradik, Panorama Bukit Khayangan dan masih banyak lagi," kata Asafri.

Bukit Khayangan katanya adalah sebuah bukit yang merupakan rangkaian dari Bukit Barisan yang mengelilingi sebagian daerah di Kerinci, terletak di Desa Renah Kayu Embun, tidak jauh dari pusat Kota Sungaipenuh.         

Puncak Bukit Khayangan (± 1500 mdpl) dapat ditempuh dengan waktu ±30 menit dari pusat Kota Sungaipenuh, pengunjung bisa mencapainya dengan kendaraan roda dua dan empat karena hampir 75 persen jalan menuju ke Bukit Khayangan sudah dibilang bagus.

"Pemandangan yang sangat indah bisa dilihat dari Bukit Khayangan ini, Kota Sungaipenuh dan Danau Kerinci bisa kita lihat dengan jelas. Kedepannya, akan dibangun gazebo untuk tempat beristirahat dan dibangun anjungan yang dilengkapi dengan teropong untuk bisa melihat lebih jelas lagi pemandangan dari Bukit Khayangan ini," katanya./f
 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017