Kabupaten Tanah Bumbu berada di ujung tenggara pulau Kalimantan. Wilayahnya terdiri dari dataran rendah, pegunungan, dan juga lautan. Anugerah alam yang ada di Tanah Bumbu tersebut menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai daerah yang memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah.

Salah satu potensi yang terus digali oleh pemerintah daerah yaitu potensi kelautan melalui wisata maritim maupun sektor perikanan.  Di Kabupaten Tanah Bumbu sendiri terdapat banyak wisata maritim yang mempesona dengan keindahan pantai dengan surga bawah lauitnya yang tak kalah menarik dari daerah lainnya di Indonesia.

Dalam upaya mengembangkan wisata maritim agar menjadi tujuan wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara, maka pemerintah daerah terus berbenah membangun sarana dan prasarana pendukung wisata tersebut yang bersinergi dengan beberapa instansi terkait terutama dalam hal pembangunan jalan menuju objek wisata, sarana penginapan, maupun sarana pendukung lainnya.

Pemerintah daerah menyadari, potensi kelautan khususnya pariwisata berpotensi meningkatkan peekonomian masyarakat pesisir dan juga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah kedepannya.

Adapun objek wisata maritim yang menjadi unggulan Kabupaten Tanah Bumbu diantaranya Pantai Pagatan dengan Pesta Adat Mappanretasinya yang setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Pesta Adat Mappanretasi ini pun sudah masuk kedalam agenda wisata nasional.

Objek wisata lainnya yang menjadi unggulan yaitu Pantai Angsana dengan keindahan terumbu karangnya, Pantai Rindu Alam, Pantai Sungai Cuka Batu Buaya yang memiliki hamparan terumbu karang, serta yang baru saja di buka untuk umum yaitu Pantai Indah Lestari yang berada di Kecamatan Sungai Loban.

Pantai Indah Lestari merupakan objek wisata baru yang diresmikan untuk masyarakat umum. Selain memiliki keindahan bawah lautnya, di Pantai Indah Lestari juga dilaksanakaan Budaya Melasti setiap tahunnya yang mampu menarik wisatawan dari Pulau Kalimantan.

Agar potensi wisata maritime ini dapat dikenal oleh masyarakat luas dan mampu menarik pengunjung untuk datang ke Tanah Bumbu maka berbagai upaya pun terus dilakukan dengan giat melaksanakan promosi dan menjual keindahan pantai melalui media massa dan media sosial. Tidak hanya itu, pada awal tahun 2017 yang lalu, juga telah dibuka rute penerbangan Banjarmasin – Batulicin – Makassar dan Makassar – Batulicin – Banjarmasin untuk menarik wisatawan berkunjung ke Tanah Bumbu.

Konsep kedepanya pada sektor kepariwisataan ini, pemerintah daerah akan mengemas potensi wisata melalui event-event yang digelar setiap bulannya sehingga objek wisata ini dapat dikenal oleh masyarakat luar.

Pewarta: Humas/Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017