Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan berhasil menjadi terbaik III kategori kabupaten dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2017 dari pemerintah pusat.

Sedangkan  terbaik I diraih Kabupaten Tabalong dan terbaik II diraih Kabupaten Tanah Laut dan kategori kota terbaik diraih Kota Banjarmasin.

Atas keberhasilan tersebut masing-masing daerah diberikan anugerah Pangripta Nusantara yang diserahkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalsel Tahun 2017 di Gedung KH Idham Chalid, Banjarbaru, Rabu (5/4).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pemerintah daerah yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan.

Gubernur berharap melalui pemberian anugerah akan dapat memotivasi kabupaten/kota untuk terus berupaya meningkatkan penyusunan RKPD ke arah yang lebih sempurna dari waktu ke waktu.

Seperti diketahui, penghargaan Pangripta Nusantara untuk kategori dan perencanaan terbaik dinilai dengan menggunakan dua belas parameter, yaitu keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijakan, proses perencanaan dari bawah (bottom up), dan proses perencanaan dari atas (top down).

Selain itu juga dilihat sejauh mana proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi, serta kemampuan presentasi dan penugasan materi.

Kategori Perencanaan Progresif ditetapkan berdasarkan konsistensi naiknya nilai total seluruh parameter perencanaan selama tiga tahun terakhir dan nilai peningkatan total terbesar.

Kategori Perencanaan Inovatif ditetapkan dengan kriteria inovasi kebijakan dan inovasi proses dan program daerah.  

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017