Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Jajaran Komando Distrik Militer 1006/Martapura, Kalimantan Selatan, siap melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) selama satu bulan dimulai Rabu 5 April 2017.

Komandan Distrik Militer 1006/ Mtp Letkol Arm Andi Martopo di Martapura, Selasa, membenarkan pelaksanaan TMMD ke-98 yang akan dilaksanakan selama satu bulan ke depan itu.

"Kami sudah memimpin rapat koordinasi persiapan pembukaan TMMD, Selasa yang dihadiri perwira staf dan seluruh jajaran satuan Danramil dibawah Kodim 1006/Mtp," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah membagi tugas kepada seluruh jajaran untuk mengkoordinasikan secara teknis sehingga persiapan pembukaan maupun pelaksanaan TMMD ke-98 lancar.

Pihaknya mengarahkan seluruh personel yang terlibat agar siap menyiapkan segala sesuatu terutama terkait pembukaan TMMD yang sudah dijadwalkan, Rabu (5/4) pagi.

"Pembukaan TMMD dijadwalkan Rabu pagi besok dan dipastikan dibuka Bupati Banjar Khalilurrahman yang siap datang ke lokasi TMMD di Desa Cintapuri masuk Kecamatan Cintapuri Darusalam," ujarnya.

Menurut dia, bupati yang didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab Banjar juga akan meninjau lokasi yang sudah dikerjakan personel satuan tugas TMMD.

"Pelaksanaan TMMD ke-95 ini selama satu bulan ke depan dan kegiatan yang dilaksanakan meliputi fisik dan non fisik dilaksanakan di satu kecamatan tersebar pada beberapa desa," ungkapnya.

Kegiatan fisik dilaksanakan di Desa Cintapuri Dusun Garis Binuang berupa semenisasi jalan sepanjang 1,2 kilomater dengan lebar 4 meter sehingga bisa membantu transportasi masyarakat.

Selain itu, pembangunan 6 buah box culvert, pengerjaan gorong- gorong, pembuatan Pos Kamling, WC umum dan rehab musala termasuk bedah rumah warga tidak mampu.

"Kegiatan non fisik yakni pengobatan dan pelayanan KB gratis, sunatan massal, pasar amal serta penyuluhan kamtibmas dan bahaya narkoba bagi warga sekitar lokasi TMMD," kata dia.

Ditambahkan, pengobatan gratis dan KB bekerja sama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan dan pengobatan yang diberikan kepada masyarakat berupa pengobatan ringan bukan operasi.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017