Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Puluhan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengikuti bakti sosial dan kemah wisata di Dusun Sialing Desa Nawin, Kecamatan Haruai dalam rangka pengembangan sektor pariwisata di wilayah ini.


Menurut Pengelola Wisata Gunung Sialing Yano di Tanjung, Sabtu, kegiatan kemah wisata dan bakti sosial sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia anggota Pokdarwis serta mewujudkan pengembangan pariwisata daerah.

"Gunung Sialing merupakan obyek wisata andalan di Tabalong karena itu perlu dukungan para anggota Pokdarwis dalam rangka memajukan sektor pariwisata daerah," jelas Yano.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Zain Ramali mengatakan Gunung Sialing yang dikenal dengan panorama goa dan tebingnya menjadi obyek wisata minat khusus seperti panjat tebing maupun penelusuran goa (Caving).

"Kegiatan ini juga melibatkan komunitas panjat tebing Tabalong mengingat gunung Sialing selain memiliki panorama goa juga tebingnya yang menarik perhatian pemanjat lokal maupun luar daerah," jelas Zain.

Dalam kemah wisata ini para anggota Pokdarwis juga mendapatkan tambahan wawasan nusantara dari Danramil Haruai Kapten Pasidi serta bakti sosial berupa penanaman 100 pohon buah-buahan seperti kelengkeng, pampakin dan durian.

Penanaman bibit buah-buahan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan sendiri dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani yang membuka secara langsung Kemah Wisata dan Bakti sosial tersebut serta mengukuhkan pengurus Pokdarwis Kayu Harum.

"Pemerintah daerah akan terus mengembangkan obyek wisata Gunung Sialing dengan membangun sejumlah fasilitas seperti MCK dan jaringan listrik agar bisa berkembang," jelas Anang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017